Mobil dan Motor Listrik Masih Mahal, Bagaimana Kalau Pakai Skuter Listrik Dulu?

Doni Wahyudi - detikOto
Selasa, 07 Des 2021 11:16 WIB
A man wearing a face mask to protect against coronavirus, as he drives his E-scooter in central Frankfurt, Germany, Monday, Oct. 5, 2020. (AP Photo/Michael Probst)
Skuter listrik bisa jadi sarana transportasi jarak dekat sebelum punya motor atau mobil listrik (AP/Michael Probst)
Jakarta -

Mobil dan motor listrik tengah digalakkan di seluruh dunia demi menekan emisi gas buang kendaraan. Tapi karena di banyak negara harga kendaraan listrik masih tinggi, bagaimana kalau pakai skuter listrik dulu?

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris Raya, penggunaan skuter listrik dikatakan bisa mengurangi sampai 44.000 ton gas CO2 per tahun. Itu setara dengan emisi gas buang yang dihasilkan oleh 29.000 kendaraan penumpang.

Penggunaan skuter listrik pada jalan raya belum sepenuhnya legal di Inggris. London menjadi salah satu kota yang sedang melakukan ujicoba skuter listrik di jalan umum, di mana saat ini penggunaannya dibatasi hanya di wilayah-wilayah tertentu saja.

Rencana melegalkan skuter listrik di seluruh Inggris bisa makin dekat dengan kenyataan lantaran banyak warga yang menyatakan ingin beralih menggunakan kendaraan ringkas tersebut di masa depan.

Masih dari hasil survey yang sama, 1 dari 5 orang pengguna kendaraan menyatakan berniat beralih menggunakan skuter sebagai pengganti kendaraan konvensional untuk berpergian jarak dekat.

Penggunaan sepeda-skuter listrik jadi upaya warga Italia untuk cegah virus Corona. Pasalnya, dua transportasi itu dianggap dapat bantu warga terapkan jaga jarakMobil dan Motor Listrik Masih Mahal, Bagaimana Kalau Pakai Skuter Listrik Dulu? Foto: AP/Michael Probst

Sebanyak 42% responden survey tersebut juga menyakini kalau penggunaan skuter listrik bisa membantu mengurangi polusi akibat emisi gas buang.

[Lanjut Halaman Berikutnya >>> Skuter Listrik Jadi 'Pengganti' Motor dan Mobil Listrik, Berapa Harganya?]



Simak Video "Dulu Laris Manis Bak Kacang Goreng, Skuter Listrik Ola Kini Diprotes"
[Gambas:Video 20detik]