Desain Motor Listrik Honda Terdaftar di Indonesia, Harga Setara BeAT

Tim detikcom - detikOto
Senin, 01 Nov 2021 13:55 WIB
Paten Desain Skuter Listrik Honda
Desain skuter listrik Honda. Foto: Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Kemenkumham
Jakarta -

Honda mendaftarkan salah satu motor listrik terbarunya di Indonesia. Paten desain motor listrik terbaru Honda, yang bernama Honda U-GO terdaftar di Indonesia.

Desain skuter listrik Honda U-Go tersebut terdaftar dalam Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum & HAM.

Paten desain skuter listrik Honda U-GO mulai dilindungi sejak 19 Agustus 2021. Pemohon paten desain Honda U-GO ini adalah Honda Motor Co., LTD yang beralamat di Tokyo, Jepang. Pendesainnya adalah Maxime THOUVENIN dari Prancis dan Xin YUAN dari China. Dalam deskripsi kegunaan produk, desain yang diajukan ini termasuk alat transportasi berupa motor skuter.

Paten Desain Skuter Listrik HondaPaten Desain Skuter Listrik Honda Foto: Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Kemenkumham

Desain yang diajukan di Indonesia ini sama persis seperti Honda U-Go yang diluncurkan Honda untuk pasar China. Di negara itu, motor tersebut merupakan motor besutan Wuyang-Honda ini dijual dengan harga cukup terjangkau.

Di China, Honda U-Go dijual dengan harga CNY 7.499 atau setara Rp 16,6 juta. Dengan harga murah tersebut, skuter listrik ini bisa disetarakan dengan skuter matik (skutik) yang banyak beredar di Indonesia. Bahkan, motor itu setara dengan harga Honda BeAT yang saat ini dijual mulai dari Rp. 16.665.000.

Skuter listrik Honda U-GOSkuter listrik Honda U-GO Foto: Wuyang Honda

Bicara spesifikasi, Honda U-GO hadir dalam dua model, yakni reguler dan low speed (kecepatan rendah). Model standar memiliki motor hub bertenaga 1,2 kW, dengan tenaga puncak 1,8 kW, dan top speed 53 km/jam. Sementara model kedua ditenagai 0,8 kW, dengan kecepatan tertinggi 43 km/jam.

Skuter listrik Honda U-GOSkuter listrik Honda U-GO Foto: Wuyang Honda

Kedua model ini sama-sama dilengkapi baterai Lithium-ion yang dapat dilepas dengan kapasitas maksimum 1,44 kW. Baterai juga bisa di-upgrade ke daya yang lebih besar. Maka itu, jangkauan jarak tempuh bisa dimaksimalkan dari 65 km menjadi 130 km.

Soal fitur, skuter listrik Honda U-GO dibekali suspensi depan teleskopik dan peredam kejut ganda di belakang. Remnya pakai model cakram di depan dan tromol di belakang. Tinggi jok motor ini hanya sekitar 740 mm. Sementara di bawah jok, ada ruang bagasi kapasitas 26 liter.

Fitur lainnya termasuk lampu full LED, kotak bagasi depan, alarm anti-pencurian, dan port pengisian USB. Dan lebih penting lagi, ada panel LCD yang bisa menyediakan informasi dasar seperti kecepatan, jangkauan, status baterai, dan mode berkendara. Skuter listrik ini menggunakan velg depan 12 inci dan belakang 10 inci.



Simak Video "Laris Manis! Skuter Listrik Ola Terjual Dua Unit per Detik"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)