ADVERTISEMENT

Beginilah Wujud Bus UHD Harapan Jaya, Bakal Layani Rute Mana Ya?

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 03 Des 2021 09:32 WIB
Bus UHD PO Harapan Jaya buatan karoseri Tentrem
Foto: Screenshot Instagram @ptharapanjayaprima. Bus UHD PO Harapan Jaya buatan karoseri Tentrem.
Jakarta -

PO Harapan Jaya bakal mengoperasikan armada bus UHD (Ultra High Decker) dalam waktu dekat ini. Bus UHD PO Harapan Jaya ini dibuat oleh karoseri Tentrem asal Malang, Jawa Timur. Yang jadi pertanyaan, rute manakah yang bakal dilayani bus UHD tersebut?

Seperti dilihat detikOto dalam unggahan di akun Instagram @ptharapanjayaprima, bus UHD PO Harapan Jaya tersebut dikonfirmasi akan melayani rute Surabaya-Bogor. Perjalanan perdana armada baru PO Harapan Jaya itu bakal dilakukan pada 5 Desember 2021.

Selain informasi mengenai rute yang akan dilayani, dari unggahan tersebut kita juga bisa lihat desain final bus UHD PO Harapan Jaya. Dari area depan, tampak ciri khas bodi Avante yang 'jenong' dan memiliki desain atap mengambang dari depan hingga belakang.

Tak hanya itu, bus UHD garapan Tentrem itu juga tampak bersih dan canggih dengan teknologi kaca spion menggunakan kamera CCTV (Closed Circuit Television). Kamera CCTV ini bakal menggantikan fungsi kaca spion konvensional seperti di truck Mercedes-Benz Actros 2642, yang dijual PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI).

Kemudian beralih ke bagian samping, grafis desain khas PO Harapan Jaya sangat terasa. Tetap dengan livery merah dan kuning yang dominan di bagian bawah. Selain itu yang berbeda adalah gambar kawanan kuda yang ukurannya dibuat lebih besar, bahkan hingga menutupi sebagian besar bodi samping.

Bagi yang belum tahu, bus UHD memiliki bodi yang lebih tinggi dibanding bus High Decker. Sepintas bus UHD terlihat seperti bus seperti bus single deck, tapi sebenarnya ini adalah bus double decker konsep baru, dengan dek bagian bawah khusus untuk kabin pengemudi dan ruang bagasi, sementara kabin penumpangnya hanya di dek bagian atas.

Mengacu pada bocoran informasi sebelumnya, bus UHD Tentrem yang dibeli PO Harapan Jaya bakal mengusung nama Avante D1. Bus ini bakal memiliki panjang 13,5 meter, tinggi 4,08 meter, dan lebar 2,5 meter. Keunggulan bus UHD yakni memiliki kapasitas bagasi luas, tanpa mengorbankan kapasitas maksimal penumpang. Di kelas UHD, Tentrem Avante D1 akan berkompetisi dengan Adiputro Jetbus 3+ UHD.

Bus UHD PO Harapan Jaya buatan karoseri TentremBus UHD PO Harapan Jaya buatan karoseri Tentrem Foto: Screenshot Instagram @ptharapanjayaprima
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT