Rachmat Gobel: GIIAS 2021 Jadi Ajang Belajar Mobil Listrik

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 21 Nov 2021 20:36 WIB
Rachmat Gobel di GIIAS 2021
Rachmat Gobel ditemani oleh Yohannes Nangoi tengah berkeliling GIIAS 2021 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Jakarta -

Kunjungan Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel, ke pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 pada Minggu (21/11/21) ini ternyata untuk mengetahui antusiasme masyarakat terhadap tren otomotif Tanah Air. Tak hanya itu, GIIAS juga menurutnya dapat menjadi ajang pembelajaran tentang mobil listrik.

"Saya ingin melihat pameran mobil ini untuk mengetahui bagaimana demand atau permintaan masyarakat, karena pasca covid ini otomotif ini kan menjadi satu industri yang sangat strategis, sangat penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional kita," papar Rachmat Gobel kepada para awak media di area ICE BSD City, Tangerang, tempat digelarnya pameran GIIAS 2021.

Terutama dengan teknologi-teknologi baru, termasuk misalnya Hybrid maupun listrik. Nah ini saya juga ingin melihat bagaimana komentar dan juga masukan masyarakat," lanjutnya.

Menurutnya, antusiasme masyarakat saat ini sudah cukup baik. Apalagi dengan dihadirkannya beragam teknologi terbaru serta beberapa mobil listrik di GIIAS 2021 ini, masyarakat dapat belajar serta mengetahui lebih banyak tentang kendaraan masa depan ini.

"Antusiasnya masyarakat, saya lihat cukup bagus yah. Ada keinginan masyarakat, ingin melihat tren daripada otomotif itu sendiri. Apalagi juga masyarakat ingin melihat bagaimana model mobil listrik itu sendiri. Saya kira dengan adanya pameran ini, masyarakat bisa belajar, bisa memahami, baik itu otomotif dari hybrid, maupun daripada listrik itu sendiri," papar Rachmat.

Kendaraan listrik ini sejatinya menjadi fokus dan sedang didorong oleh pemerintah. Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada waktu yang berbeda dan di ajang GIIAS 2021.

"Tadi saya menyampaikan mengenai pentingnya dibangun ekosistem untuk mobil yang ramah terhadap lingkungan, mobil yang rendah emisinya. Oleh sebab itu kita juga mendorong untuk produksi mobil listrik, produksi mobil hybrid, tetapi jadi yang semuanya harus ramah lingkungan," ujar Jokowi saat di GIIAS 2021, Rabu (17/11/2021).

Senada dengan Jokowi, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang pun menyampaikan bahwa saat ini pabrikan otomotif di Tanah Air tengah diberikan kesempatan serta ruang yang cukup besar guna mengembangkan teknologi kendaraan listriknya.

"Challenge-nya adalah yang disampaikan bapak Presiden kepada CEO dari Jepang. Tentu pemerintah akan memberikan kesempatan atau ruang sebesar-besarnya bagi para produsen, baik itu yang menggunakan teknologi ICE (internal combustion engine), baik itu yang menggunakan teknologi elektrik macam-macam ada hybrid, plug in, full ev, maupun yang sekarang sudah ada, teknologi yang berbasis hidrogen," kata Agus pada Rabu (17/11/21).



Simak Video "GIIAS 2021 Berakhir, Mungkin Hal Ini Terlewatkan Buat Kamu!"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)