Jokowi Dorong Pembangunan Ekosistem Mobil Listrik, Toyota Langsung Menjawab

M Luthfi Andika - detikOto
Sabtu, 20 Nov 2021 18:46 WIB
Presiden Jokowi melihat-lihat berbagai mobil dalam kunjungannya ke GIIAS 2021. Jokowi juga sempat mengunjungi booth Toyota.
Jokowi Sambangi Booth Toyota Foto: toyota
Jakarta -

Pada Rabu 17 November 2021, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo melihat langsung penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyatakan akan terus mendorong pembangunan ekosistem mobil listrik.

Dalam rilis yang dikeluarkan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, dijelaskan Jokowi akan mendorong perusahaan otomotif untuk bisa memproduksi mobil listrik di Indonesia. Jokowi menegaskan pemerintah bakal memberikan dukungan.

"Kita juga mendorong untuk produksi mobil listrik, produksi mobil hybrid, tetapi sekali lagi, yang semuanya harus ramah lingkungan," ujar Presiden.

Pada pameran GIIAS tahun 2021 kali ini, Presiden juga meninjau sejumlah stan dari berbagai jenama otomotif. Di sejumlah booth, Presiden juga mencoba menumpangi beberapa mobil yang dipajang.

Selain itu, Presiden juga bertemu dengan sejumlah CEO dari para produsen mobil yang hadir dalam pameran yang mengusung tema "Wheels to Move" tersebut.

"Tadi kita sudah bertemu dengan para CEO dan saya sampaikan apa yang menjadi concern kita dan apa yang harus kita lakukan bersama-sama untuk masa yang akan datang," imbuh Presiden.

Selepas peninjauan, Kepala Negara juga menyempatkan menjajal salah satu mobil listrik yang dipamerkan, yakni Mitsubishi Minicab Miev. Didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Presiden tampak menyetir mobil listrik tersebut dengan memutari pelataran depan gedung ICE BSD City.

Presiden Jokowi melihat-lihat berbagai mobil dalam kunjungannya ke GIIAS 2021. Jokowi juga sempat mengunjungi booth Toyota.Presiden Jokowi melihat-lihat berbagai mobil dalam kunjungannya ke GIIAS 2021. Jokowi juga sempat mengunjungi booth Toyota. Foto: toyota

Produsen dengan pasar terbesar di Indonesia, Toyota, tak mau ketiunggalan menjawab persaingan kendaraan elektrifikasi di Indonesia. Toyota sebelumnya sudah menghadirkan produk hybrid terbaru yakni New Camry Hybrid. Selain itu, mereka juga memastikan Toyota akan memasuki produksi kendaraan elektrifikasi pada 2022.

"Kami sangat bersyukur atas berbagai dukungan yang diberikan oleh pemerintah Indonesia, termasuk juga dengan kehadiran Presiden Jokowi di booth Toyota di GIIAS 2021 kemarin. Keinginan positif pemerintah untuk menghadirkan ekosistem mobil listrik yang rendah emisi tentunya sejalan dengan komitmen Toyota dalam menghadirkan produk-produk yang ramah lingkungan, termasuk elektrifikasi," ujar Presiden Director PT Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda.

"Saat ini Toyota telah menghadirkan pilihan kendaraan elektrifikasi yang lengkap mulai dari Battery Electric Vehicle (BEV), Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan Hybrid Electric Vehicle (HEV) yang sudah terjual hampir 5.000 unit. Ke depannya, untuk makin mempopulerkan teknologi elektrifikasi ini, kami akan terus menghadirkan kombinasi dari semua teknologi elektrifikasi yang ada, seiring dengan transisi teknologi yang makin ramah lingkungan, Matsuda menambahkan.

Dengan adanya kebijakan pemerintah soal pajak berdasarkan emisi, Toyota mengklaim Camry kini lebih bersahabat dengan harga di bawah Rp 800 juta, atau tepatnya Rp 767 juta.

New Camry Hybrid mempertahankan mesin 2.5 L THS 2 dengan Dynamic Force Engine, yang dikembangkan berdasarkan platform TNGA yang mampu memberikan efisiensi 24km/L dan CO2 yang di bawah dari 150g/Km, lebih rendah dari kemampuan engine yang lebih kecil sekali pun.

Tampilan tegas nan elegan New Camry Hybrid terpancar mulai dari sisi depan eksteriornya dengan adanya New Astonishing Front Bumper and Grille. Lanjut ke bagian samping, New Camry Hybrid kini juga dilengkapi dengan New Striking Silver Alloy Wheel yang membuatnya semakin dinamis. Hingga pada sisi belakang, terdapat New Sharp-Edged LED Rear Lamp with Red Reflex Reflector yang semakin menyegarkan tampilan New Camry Hybrid.

Sementara fitur baru pada New Camry Hybrid yang semakin advance dan berkelas dapat dilihat pada bagian interiornya. New Sophisticated Cabin Interior pada New Camry Hybrid menampilkan desain baru, khususnya pada area dashboarddengan adanya New Marvelous Floating Multimedia dan New Extravagant Ornamentation.

Lebih dari itu, New Camry Hybrid juga disematkan dengan teknologi safety Toyota yang advance yaitu Toyota Safety Sense 2 (TSS 2). Teknologi TSS 2 pada New Camry Hybrid menawarkan beragam fitur mulai dari Pre-Colission System(PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) with Curve Speed Reduction, Lane Tracing Assist (LTA), hingga Automatic High Beam (AHB) yang semakin memberikan kenyamanan dan keamanan kepada pelanggan dalam bermobilitas.



Simak Video "Kunjungi GIIAS 2021, Jokowi Sebut PPnBM Gairahkan Industri Otomotif"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)