ADVERTISEMENT

Helm yang Dipakai Jokowi saat Keliling Sirkut Mandalika: Buatan Lokal, Harga Rp 600 Ribuan

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 14 Nov 2021 10:37 WIB
Jakarta -

Presiden Jokowi (Joko Widodo) datang ke Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, untuk meresmikan Sirkuit Mandalika pada Jumat (12/11/2021). Jokowi berkeliling sirkuit menggunakan motor Kawasaki W175 yang sudah dimodifikasi dengan gaya ala motor cafe racer.

Selain motornya yang mencuri perhatian, helm yang dipakai Jokowi pun menjadi hal yang menarik dibahas. Sebab, alih-alih menggunakan helm impor berharga jutaan atau bahkan puluhan juta rupiah, Jokowi justru menggunakan helm lokal seharga Rp 600 ribuan.

Yup, Presiden Jokowi menggunakan helm lokal buatan Bandung, Jawa Barat, dengan merek RSV. Dijelaskan Executive Director RSV Helmet Indonesia, Richard Ryan, helm yang dipakai Jokowi merupakan tipe RSV SV300 dengan double visor. Helm ini dijual sekitar Rp 610 ribu.

RSV SV300RSV SV300 Foto: Dok. RSV Helmet Indonesia

"Kita sangat bersyukur Pak Jokowi mau pake RSV untuk meresmikan Sirkuit Mandalika. Kita juga merasa beruntung punya Presiden seperti Pak Jokowi yang mau support product lokal. Seperti yang selalu konsisten Pak Jokowi lakukan," kata Richard kepada detikOto, Sabtu (13/11/2021).

"Saya sih berharap nanti kita bisa buatkan helm dengan motif tentang Indonesia khusus untuk Pak Jokowi ya. Semoga bisa terwujud nanti," kata Richard menambahkan.

Sebagai informasi, RSV SV300 merupakan helm tipe open face, yang dilengkapi sun visor untuk kenyamanan saat berkendara di siang hari. Helm jenis ini cocok untuk penggunaan harian dengan jarak berkendara yang dekat.

Jokowi Jajal Sirkuit MandalikaJokowi Jajal Sirkuit Mandalika Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Menurut Richard, helm RSV SV300 dilengkapi lima fitur utama, di antaranya yakni sun visor berwarna gelap dengan switch di kiri helm untuk menaikan dan menurunkannya.

Helm dengan berat mencapai 1.300 gram ini juga dilengkapi spoiler dengan warna senada kelir dari helm itu sendiri. Adanya spoiler berfungsi mengaliri arah angin.

"Tak perlu khawatir dengan aliran angin ke dalam helm. Sebab telah tersedia lubang ventilasi pada bagian atas. Selain itu, SV300 juga dibekali penahan visor (visor stopper) yang terletak di kanan-kiri helm dekat dagu pengguna. Untuk urusan keamanan, strap SV300 telah menerapkan sistem DD-ring," jelas Richard.

Cangkang SV300 diklaim terbuat dari 100 persen bahan plastik ABS, selain tentunya telah terpenuhinya Standar Nasional Indonesia (SNI), bahkan helm ini punya sertifikasi DOT dan ECE.

RSV SV300 tersedia dalam lima pilihan warna yaitu White Glossy, Black Glossy, Modern Grey, Black Mate, dan Blue Mate, dengan berbagai ukuran M (57 - 58), L (59 - 60), XL (61 - 62) dan XXL (63 - 64).

(lua/riar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT