Laksana Rilis Suites Combi Bus, Bakal Dipakai PO Apa?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 09 Nov 2021 20:28 WIB
Bus Suites Combi Laksana Berbasis Mercedes-Benz OF 917
Suites Combi Bus Laksana. Foto: Daimler Commercial Vehicles Indonesia
Jakarta -

Karoseri Laksana merilis Suites Combi Bus dengan sasis bus medium Mercedes-Benz OF 917. Bus ini memiliki interior yang mewah, bahkan punya Suites Cabin di bagian belakang khas bus VIP.

Suites Combi Bus ini merupakan hasil dari kegiatan Kontes Desain Livery dan Interior Bus Mercedes-Benz OF 917 yang diselenggarakan PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) untuk mengajak karoseri bus di Indonesia dalam mewujudkan bus yang nyaman dan aman digunakan dalam masa pandemi. Akan digunakan Perusahaan Otobus (PO) mana Suites Combi Bus Laksana ini?

Direktur Komersial Karoseri Laksana Alvin Arman mengatakan, bus ini baru diluncurkan. Jadi, belum ada PO yang memastikan bakal menggunakan Suites Combi Bus ini.

"Secara fisik, secara real baru kita luncurkan saat ini. Jadi nanti setelah ini kita akan memperkenalkan, memperlihatkan secara langsung kepada pelanggan kami, kepada masyarakat umum konsep terbaru ini. Jadi sejauh ini kita baru membuat prototipe saja belum ada penjualan secara langsung," ujar Alvin dalam peluncuran Suites Combi Bus Laksana dengan sasis Mercedes-Benz OF 917 secara virtual, Selasa (9/11/2021).

"Desain bus Suites Combi ini merupakan konsep terbaru kami. Awal mulanya adalah dari kompetisi desain livery dan interior yang diadakan DCVI. Kalau kita lihat respons dari responden di kompetisi tersebut antusiasmenya sangat luar biasa," sebut Alvin.

Bus Suites Combi Laksana Berbasis Mercedes-Benz OF 917Konfigurasi physical distancing seat 1-1-1 pada Suites Combi Bus Laksana Berbasis Mercedes-Benz OF 917 Foto: Daimler Commercial Vehicles Indonesia

Interior Pencegah Penularan COVID-19

Laksana melengkapi bagian interior Mercedes-Benz OF 917 ini dengan desain Suites Combi yang memadukan konfigurasi suites cabin dan physical distancing seat. Laksana mengusung kombinasi konfigurasi 12 physical distancing seat dan 8 suites cabin yang dilengkapi dengan fitur-fitur layaknya VIP bus. Fitur mewah seperti bus VIP pada bus ini antara lain 150 derajat seat reclining, USB Charger, individual lamp, cup holder, dengan monitor LCD layar sentuh yang memanjakan penumpang selama perjalanan.

Bus Suites Combi Laksana Berbasis Mercedes-Benz OF 917Bus Suites Combi Laksana Berbasis Mercedes-Benz OF 917 Foto: Daimler Commercial Vehicles Indonesia

Desain interior mewah ini juga didukung dengan fitur-fitur protokol kesehatan agar penumpang merasa nyaman dan aman seperti Touchless Temperature Measurement dan Bio Smart Air Circulation System yaitu kombinasi penyaringan udara dengan sinar UV, HEPA Filter dan Cabin Filter yang berguna untuk menyaring udara agar bersih dan steril.

Bus Suites Combi Laksana Berbasis Mercedes-Benz OF 917Suites Cabin ala Bus VIP. Foto: Daimler Commercial Vehicles Indonesia

"Kita mengombinasikan 12 kursi dengan physical distancing layout 1-1-1, dengan 8 suite cabin di bagian belakang. Tentunya dilengkapi dengan fitur-fitur bus VIP lainnya seperti reclining seat, USB charger, cup holder, monitor layar sentuh, dan kita sudah menempatkan beberapa fitur-fitur yang mendukung protokol kesehatan terutama di masa pandemi seperti saat ini," rincinya.



Simak Video "Salut! Bus Mercy Disulap Jadi Dapur Berjalan dan Bagikan Makanan Gratis"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)