Pemerintah Bicara Komitmen Tekan Emisi di COP26, Kendaraan Listrik Jadi Masif

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 02 Nov 2021 16:35 WIB
Kawasan Kota Jababeka Cikarang akan memiliki stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU). Kehadiran SPKLU itu guna dukung Program Percepatan Mobil Listrik.
Indonesia berkomitmen tekan emisi. Kendaraan listrik bakal masif. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Indonesia turut berkomitmen dalam menanggulangi perubahan iklim. Komitmen itu disampaikan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dalam rangkaian agenda Conference of Parties (COP) ke-26 di Paviliun Indonesia, Glasgow.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyampaikan, persoalan lingkungan dan ketegasan menjalankan misi tersebut membutuhkan daya dukung transisi energi sehingga membuka ruang pemanfaatan energi baru dan terbarukan yang optimal.

"Transisi energi menuju net zero emission membutuhkan infrastruktur energi, teknologi, dan pembiayaan. Melalui peningkatan infrastruktur seperti interkoneksi jaringan, kita (Indonesia) berpeluang untuk mengoptimalkan pemanfaatan EBT (Energi Baru Terbarukan)," jelas Arifin dalam rangkaian COP26 seperti tertulis di siaran persnya.

"Pada tahun 2025, pangsa energi terbarukan ditargetkan sebesar 23% dan didominasi oleh Solar PV," beber Arifin.

Dalam peta jalan menuju 2060, kendaraan listrik akan dikembangkan secara masif. Targetnya, akan ada 2 juta kendaraan roda empat dan 13 juta roda dua bertenaga listrik. Nationally Determined Contribution (NDC) Indonesia dapat dicapai dengan pengurangan emisi di sektor energi sebesar 314 juta ton CO2 pada tahun 2030.

Selanjutnya pada 2036-2040 dilakukan pengurangan penjualan kendaraan roda dua konvensional. Dari 2041 hingga 2045, penjualan kendaraan roda empat konvensional juga akan berkurang. Sebelumnya disebutkan,

Menurut roadmap atau peta jalan yang dirancang, pemerintah menargetkan menyetop penjualan sepeda motor konvensional (bensin) di tahun 2040 dan mobil konvensional (bensin dan diesel) di tahun 2050. Di COP26, Arifin menyampaikan komitmen Indonesia untuk mengurangi emisi.

"Kami berkomitmen untuk mengurangi emisi Gas Rumah Kaca sebesar 29% pada tahun 2030 dengan upaya sendiri atau 41% dengan dukungan internasional," ucap Arifin.



Simak Video "PNS Bakal 'Dipaksa' Pakai Mobil dan Motor Listrik, Ini Target Pemerintah"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)