ADVERTISEMENT

Pajak Kendaraan Kini Berdasarkan Emisi, Toyota Happy!

M Luthfi Andika - detikOto
Jumat, 29 Okt 2021 18:58 WIB
Uji emisi gratis digelar di Jl Puri Indah Raya, Jakarta Barat, Rabu (13/1/2021). Puluhan kendaraan mengantre untuk ikut uji emisi.
Ilustrasi uji emisi di Jakarta Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Pemerintah menerapkan sistem pajak kendaraan baru berdasarkan emisi yang dihasilkan. PT Toyota Astra Motor selaku Agen Pemegang Merek (APM) Toyota di Indonesia, menyambut baik keputusan tersebut dan siap mendukung kebijakan tersebut.

"Toyota menyambut baik upaya Pemerintah Indonesia dalam mengakselerasi kehadiran kendaraan-kendaraan yang ramah lingkungan. Kami sangat mengapresiasi keseriusan Pemerintah memperhatikan kemajuan teknologi kendaraan termasuk kendaraan elektrifikasi, dalam upaya bersama menjaga lingkungan untuk masa depan kehidupan yang lebih baik. Karena itu, pada dasarnya Toyota memiliki pemahaman yang sama dengan Pemerintah terkait dengan tujuan kehadiran regulasi CO2 Tax," kata President Director PT Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda, dalam kata sambutannya pada ajang Toyota Electrification Day.

Toyota telah melakukan gerakan pengurangan emisi jauh sebelum adanya regulasi-regulasi yang ditetapkan Pemerintah. Toyota menilai upaya mengurangi produksi CO2 dari kendaraan bermotor tanpa mengurangi pula aktifitas mobilitas masyarakat merupakan tantangan besar yang harus dihadapi.

Daftar bengkel Toyota yang layani uji emisiDaftar bengkel Toyota yang layani uji emisi Foto: Auto2000

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto juga menjelaskan melalui studi berkelanjutan yang dilandasi semangat Kaizen, Toyota melakukan inovasi teknologi otomotif guna menyediakan berbagai pilihan sarana mobilitas sesuai kebutuhan pelanggan yang sangat luas dan ramah lingkungan. Seperti mengadopsi teknologi-teknologi yang rendah emisi seperti, Electronic Fuel Injection (EFI), Variable Valve Timing-Intelligent (VVT-I), Dual VVT-I dan lainnya.

Selain itu, sejalan dengan tren perkembangan teknologi, TAM juga telah menghadirkan kendaraan elektrifikasi berteknologi HEV, PHEV, hingga BEV melalui dua brand Toyota dan Lexus dengan menyediakan complete line-up. "Dalam rencana jangka panjang, selain menambah line-up teknologi ramah lingkungan, kami juga akan melakukan improvement teknologi ICE agar kadar emisinya semakin rendah," kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.



Simak Video "Dijual atau Dilelang? Toyota Belum Tahu Nasib bZ4x Usai G20 Nanti"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT