12 Juta Motor dan 4 Juta Mobil Bakal Ikut Uji Emisi di Jakarta

Tim Detikcom - detikOto
Jumat, 29 Okt 2021 13:49 WIB
Uji emisi gratis digelar di Jl Puri Indah Raya, Jakarta Barat, Rabu (13/1/2021). Puluhan kendaraan mengantre untuk ikut uji emisi.
Ilustrasi uji emisi Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta coba lebih serius untuk bisa menghadirkan udara yang bersih dengan menerapkan uji emisi untuk tiap kendaraan yang melintas di Jakarta. Diperkirakan bakal ada kurang lebih 4 juta mobil dan kurang lebih 12 unit motor yang akan melakukan uji emisi.

Seperti disampaikan juru bicara Dinas Lingkungan Hidup Pemprov DKI Jakarta, Yogi Ikhwan kepada detikOto.

"Berapa target Pemprov DKI Jakarta melakukan uji emisi? Saat ini diperkirakan terdapat ± 4 juta Mobil dan ± 12 juta sepeda motor yang beroperasi di Jakarta, targetnya adalah kesadaran setiap pemilik kendaraan untuk melakukan uji emisi," penjelasan Yogi.

Yogi menambahkan, hingga saat ini Pemprov DKI jakarta terus berupaya untuk terus memberi himbauan agar setiap kendaaan melakukan uji emisi sebelum beraktivitas di DKI Jakarta.

Uji emisi gratis digelar di Jl Puri Indah Raya, Jakarta Barat, Rabu (13/1/2021). Puluhan kendaraan mengantre untuk ikut uji emisi.Ilustrasi uji emisi gratis digelar di Jl Puri Indah Raya, Jakarta Barat. Puluhan kendaraan mengantre untuk ikut uji emisi. Foto: Ari Saputra

"Pemprov DKI Jakarta sudah melakukan sosialisasi secara massif kepada masyarakat semenjak Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta diterbitkan dan mengadakan uji emisi gratis di 5 wilayah kota administrasi," Yogi menambahkan.

Sebagai catatan pengendara yang nakal tidak atau belum melakukan uji emisi akan mendapatkan denda maksimal Rp 500 ribu untuk kendaraan roda empat dan Rp 250 ribu untuk kendaraan roda dua, sesuai dengan aturan Undang-undang 22 tahun 2009.

Simak video 'Kata Warga soal Sanksi Tilang Uji Emisi di DKI':

[Gambas:Video 20detik]



(lth/din)