Pengalaman Naik Sleeper Class PO Rosalia Indah, Benarkah Seperti Hotel Berjalan?

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 29 Okt 2021 12:56 WIB
Pengalaman naik sleeper class PO Rosalia Indah
Foto: Luthfi Anshori/detikOto. Pengalaman naik sleeper class PO Rosalia Indah.
Jakarta -

PO Rosalia Indah dikenal sebagai PO yang memiliki armada bus tingkat (double decker) terbanyak di Indonesia. Kami berkesempatan mencoba layanan bus ini, dengan rute Jakarta-Solo. Adapun kelas yang kami pilih adalah sleeper class atau first class. Seperti apa ya rasanya naik bus dengan konsep 'rebahan'?

Pelayanan transportasi angkutan darat terus membaik seiring dibangunnya tol Trans Jawa. Tidak hanya memicu lahirnya armada bus dengan sasis premium, infrastruktur jalan yang bagus juga memicu kelahiran kelas-kelas penumpang baru, seperti sleeper class yang sedang nge-hits

detikOto pun penasaran mencoba layanan sleeper class yang ada di PO Rosalia Indah. Di PO ini, sleeper class disebut sebagai first class, yang mana adalah kelas tertinggi di jajaran armada PO Rosalia Indah.

Tiket first class PO Rosalia Indah bisa dipesan dengan biaya Rp 385 ribu. Kami mendapatkan unit bodi Adiputro Jetbus 3+ SDD yang dikombinasikan dengan sasis Volvo B11R. Bus double decker ini memiliki kode SDD 146 dan masih memakai livery dan grafis Rosalia Indah yang lama.

Pengalaman naik sleeper class PO Rosalia IndahBus double decker PO Rosalia Indah punya sleeper class Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Kami memulai perjalanan dari Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, sekira pukul 07.12 WIB. Karena masih masa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), kami juga menyertakan syarat berupa keterangan swab antigen dengan hasil negatif dan menunjukkan vaksin dosis pertama-kedua.

Selepas Terminal Pulogebang, bus mampir ke pool PO Rosalia Indah di Bekasi untuk mengambil penumpang. Setelah itu, bus berhenti daerah Subang untuk istirahat dan service makan di rest area PO Rosalia Indah. Waktu rehat ini terbilang singkat, hanya sekitar 30 menit.

Sesuai tagline-nya, bus ini benar-benar melaju full di Tol Trans Jawa, sehingga perjalanan bisa ditempuh sekitar 9 jam lebih. Kami sampai di Kota Solo pada pukul 16.23 WIB. Selengkapnya, berikut ulasan perjalanan kami bersama first class double decker PO Rosalia Indah:

Pengalaman naik sleeper class PO Rosalia IndahColokan USB, lampu baca, reclining seat, dan cup holder di sleeper class PO Rosalia Indah Foto: Luthfi Anshori/detikOto

1. Fasilitas dan Fitur

Penumpang sleeper class PO Rosalia Indah diberi beberapa fasilitas, antara lain ada bantal kepala, bantal guling, serta selimut. Selain itu, penumpang juga diberi satu botol air mineral kapasitas 600 ml. Seperti bus-bus premium pada umumnya, bus double decker PO Rosalia Indah juga dilengkapi toilet umum yang hanya bisa digunakan untuk buang air kecil dan boleh digunakan ketika bus berjalan.

Sebagai informasi, letak sleeper class ini berada di belakang kabin pengemudi. Posisinya agak tinggi karena letaknya tepat di atas roda depan. Terdapat 2 sleeper class, yakni nomor 1A dan 1B. Beberapa fitur juga disematkan di kelas ini, seperti layar TV, colokan USB sebanyak 5 buah, lampu baca, cup holder, serta kompartemen untuk menyimpan tas atau barang. Untuk menjaga privasi penumpang, ada gorden atau tirai yang bisa digeser.

Pengalaman naik sleeper class PO Rosalia IndahNasi opor ayam untuk penumpang first class PO Rosalia Indah Foto: Luthfi Anshori/detikOto

2. Service Makan

Salah satu andalan yang ditawarkan first class PO Rosalia Indah ini adalah service makannya. Jadi tak lama usai bus berjalan dari terminal keberangkatan, pramugara akan menawarkan pilihan menu makanan yang bisa dipesan. Antara lain ada nasi opor ayam, nasi pecel lele, nasi goreng, rawon, dan lain-lain. Sementara pilihan minumnya ada es teh atau teh panas, serta kopi. Penumpang hanya boleh pesan satu jenis makanan dan satu jenis minuman.

Karena sudah memesan sejak awal-awal perjalanan, maka sesampainya RM Rest Area Rosin Subang, makanan yang dipesan tadi sudah siap dihidangkan kepada penumpang first class. detikOto memesan nasi opor ayam dan es teh manis. Soal rasa makanan dan minumannya, kami beri angka 8,5 dari 10. Oh iya, ruang makan penumpang first class ini juga dibedakan dari ruang makan penumpang kelas lainnya. Jadi kesannya lebih eksklusif.

Pengalaman naik sleeper class PO Rosalia IndahPosisi tidur di sleeper class PO Rosalia Indah Foto: Luthfi Anshori/detikOto

3. Tingkat Kenyamanan

Bicara soal kenyamanan, kami yang memiliki postur badan 165 cm dan berat 78 kg, harus hati-hati ketika naik ke kabin bus sleeper class ini. Maklum, jarak antara tempat duduk dan atap di kelas ini cukup pendek. Jadi ketika dalam posisi duduk tegak, kepala sudah hampir menyentuh louver AC. Kursinya sendiri cukup nyaman, bahannya empuk, dimensinya lebar, dan kaki kami masih bisa selonjoran.

Asyiknya lagi, sudah ada pengaturan jok (reclining seat) secara elektrik. Jadi penumpang bisa mengatur sudut kemiringan jok sesuai dengan kenyamanan dan kebutuhan. Tapi perlu dicatat, jok ini tidak bisa direbahkan secara rata ya. Alasannya terkait dengan faktor safety. Barang-barang bawaan penumpang bisa ditaruh di bagasi belakang atau lorong di antara dua kabin sleeper class ini.

Lalu bagaimana dengan guncangannya? Mengingat kabin sleeper class ini terletak tepat di atas roda, tak dipungkiri guncangannya cukup terasa, apalagi bagi penumpang yang baru pertama kali naik sleeper class seperti kami. Selain itu, suara luar (road noise) yang masuk ke kabin juga cukup terdengar, terlebih saat bus sedang melakukan top speed. Namun ketika bus sudah berjalan beberapa saat, penumpang bakal terbiasa dan bisa tidur nyenyak.

Menurut Danang, pramugara yang bertugas di bus double decker ini, sleeper class kerap jadi buruan konsumen. Bahkan, Danang mengklaim jika calon penumpang sleeper class harus memesan jauh-jauh hari agar tidak kehabisan tiket kelas ini. "Sleeper class biasa dipesan sama penumpang yang langsung kerja begitu sampai Jakarta. Jadi dari Jawa Tengah dia naik bus yang angkatan malam. Nah, sepanjang perjalanan dia bisa tidur pulas di sleeper class. Begitu sampai Jakarta paginya, badan sudah segar dan siap kerja," kata Danang, saat berbincang dengan detikOto.

Pengalaman naik sleeper class PO Rosalia IndahFasilitas toilet bus double decker PO Rosalia Indah Foto: Luthfi Anshori/detikOto
(lua/din)