Simak Daftar PO yang Operasikan Bus Premium

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 22 Jun 2021 15:47 WIB
Bus Double Decker PO Garuda mas
PO Garuda Mas operasikan armada premium Mercedes-Benz untuk Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom
Jakarta -

Perusahaan Otobus (PO) di pulau Jawa mulai banyak yang menggunakan armada bus premium untuk jalur Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Pemilihan bus premium ini didasari alasan sudah tersedianya tol Trans Jawa (Jakarta-Surabaya), sehingga mendukung operasional bus bermesin besar dengan dimensi panjang sekitar 13 meter.

Adapun sasis bus premium yang digunakan di Jawa merupakan produk-produk buatan Eropa, seperti Mercedes-Benz OC 500 RF 2542, lalu Scania K410iB, Volvo B11R, serta MAN R37. Sasis-sasis premium tersebut biasanya dipasangkan dengan bodi high decker maupun double decker buatan beberapa karoseri lokal ternama, seperti karoseri Laksana, Adiputro, Tentrem, Morodadi Prima, New Armada, Nusantara Gemilang, dan masih banyak lainnya.

Lalu apa saja PO di pulau Jawa yang sudah memiliki atau mengoperasikan bus premium buatan Eropa?

Tercatat ada nama PO Putera Mulya yang mengoperasikan bus double decker Scania K410iB untuk rute Jakarta-Wonogiri. Sama dengan PO Putera Mulya, PO Harapan Jaya juga menggunakan Scania K410iB yang dibalut bodi double decker buatan Adiputro. Bus premium PO Harapan Jaya melayani sejumlah rute dari Jakarta menuju kota-kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Oke lanjut ke PO lainnya ada PO Garuda Mas yang memiliki bus double decker dengan sasis Mercedes-Benz OC 500 RF 2542. Bus premium PO Garuda Mas melayani rute Jakarta-Blora dan menjadi satu-satunya bus double decker yang ada di trayek ini. PO lain yang mengoperasikan bus premium dengan sasis tersebut adalah PO Sinar Jaya. Bus ini melayani rute Jakarta-Pekalongan.

Nah, bicara bus premium di pulau Jawa, tentu tidak sah jika tidak menyebut PO Rosalia Indah. Betapa tidak, PO yang bermarkas di Palur, Sukoharjo, Jawa Tengah ini, memiliki sekitar 21 bus premium dengan bodi double decker. Sasis PO Rosalia Indah menggunakan Scania K410iB.

"Kebanyakan PO (sekarang) beli double decker, termasuk sultan Palur, Rosalia Indah. Dia punya 21 unit bus tingkat, pakai bodi Adiputro dan Laksana, dan sasisnya juga pakai berbagai merek," kata Ketua Umum BisMania Community, Zaenal Arifin, kepada detikOto, belum lama ini.

Selain PO-PO tersebut, di pulau Jawa masih ada beberapa PO lainnya yang mengoperasikan bus premium double decker, seperti PO Agra Mas, PO Gunung Harta yang menggunakan sasis Volvo B11R, PO Murni Jaya, PO Lorena, PO Nusantara yang pakai sasis MAN R37, PO Efisiensi, PO Laju Prima, dan PO Safari Dharma Raya.

(lua/din)