Mobil Rachel Vennya Pakai Pelat Nomor Cantik, Begini Cara Bikin dan Biayanya

Tim Detikcom - detikOto
Sabtu, 23 Okt 2021 14:21 WIB
Rachel Vennya penuhi panggilan polisi
Mobil mewah Rachel Vennya (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Mobil Toyota Alphard yang dinaiki Rachel Vannya menyita perhatian dengan pelat nomor RFS dan RVN. Pelat nomor kendaraan memang bisa dipesan, tapi biayanya memang tidak murah.

Diberitakan sebelumnya, di tengah penyelidikan kasus karantina, Rachel Vennya kembali menyita perhatian dengan mobil mewahnya. Semua gara-gara kedatangan dia ke Polda Metro Jaya saat akan menjalani pemeriksaan.

Saat tiba di Polda Metro Jaya untuk melakukan pemeriksaan pada Kamis (21/10) siang, Rachel Vennya datang diangkut mobil Alphard bernopol B 777 RVN. Tapi, saat pulang seusai menjalani pemeriksaan pada Kamis malam, Rachel Vennya dan pacarnya, Salim Nauderer, menaiki mobil Alphard warna hitam bernopol B 139 RFS.

Tak diketahui apakah keduanya adalah mobil yang sama atau tidak. Yang jelas, berdasarkan data samsat pajak kendaraan bermotor Jakarta, Jumat (22/10/2021), pelat B 139 RFS terdaftar sebagai Toyota Alphard 2.5 G keluaran tahun 2018. Tetapi dituliskan warna kendaraannya putih metalik. Bukan hitam.

Terlepas dari kemunculan dua nomor polisi yang kemudian dicurigai terjadi penyalahgunaan tersebut, pemilik kendaraan memang diperbolehkan memiliki atau memesan pelat nomor secara khsusus.

Berdasarkan catatan detikcom, pemilik kendaraan bisa melakukan permohonan dan mengisi formulir dengan mengunjungi Samsat terdekat.

Pemohon tinggal menuliskan kombinasi angka dan huruf sesuai yang diinginkan. Polisi akan memproses permohonan pemilihan pelat nomor cantik ini, tentu saja dengan catatan nomor yang diminta belum ada yang menggunakan.

Nomor cantik kendaraan ini berlaku lima tahun dan harus diperpanjang jika periode berlakunya habis. Jika nomor cantik tersebut tak dipakai lagi atau diperpanjang, maka nomornya bisa dipakai oleh kendaraan lain. Tentunya dengan membayar PNBN (Penerimaan Negara Bukan Pajak) yang sudah ditentukan sebelumnya.

Lalu berapa rupiah sih biaya bikin nomor kendaraan cantik seperti dipunya Rachel Vennya?

[Lanjut Halaman Berikutnya]



Simak Video "Mulai Rp 5 Jutaan, Ini Daftar Biaya Bikin Plat Nomor Cantik Resmi"
[Gambas:Video 20detik]