Mitsubishi Fuso Luncurkan Bus Perkotaan Baru, Cocok Nih Buat Transjakarta

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Selasa, 12 Okt 2021 09:59 WIB
Mitsubishi Fuso Aero Star
Wujud Mitsubishi Aero Star Foto: Daimler AG
Jakarta -

Perusahaan kendaraan komersial asal Jepang, Mitsubishi Fuso lama ini dikabarkan merilis model baru bus kota mereka yaitu Aero Star. Bekerjasama dengan Daimler India Commercial Vehicles, saat ini Aero Star baru tersedia di Jepang.

Bus yang cocok untuk perkotaan ini, hadir dengan fitur accelerator interlock safety device. Dengan hadirnya fitur ini, bus tidak akan bisa melaju jika pintu penumpang dalam keadaan terbuka.

"Langkah keselamatan baru ini meningkatkan keselamatan penumpang selama di dalam maupun di luar bus, serta meningkatkan kemudahan pengoperasian bagi pengemudi bus," tulis Daimler dalam rilis resminya.

"Aero Star baru juga memenuhi standar peraturan terbaru mengenai penglihatan tidak langsung melalui kaca spion, serta posisi pemasangan kaca spion luar," lanjut mereka.

Namun, fitur keselamatan accelerator interlock ini terpasang sebagai standar pada Mitsubishi Aero Star versi non-step dan tidak terpasang sebagai standar pada versi one-step.

Aero Star terbaru ini mempunyai kode model 2PG-MP38FK. Mitsubishi Fuso membekali bus perkotaan ini dengan mesin berkode 6M60 yang punya konfigurasi 6 silinder segaris dan diklaim sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 270 PS. Bus yang punya konfigurasi pintu depan dan tengah ini, dalam versi standarnya mampu menampung 79 penumpang.

Mitsubishi Fuso Aero StarMitsubishi Fuso Aero Star Foto: Daimler AG

Mitsubishi Fuso menjual Aero Star terbaru ini dengan harga 30.694.000 Yen Jepang atau setara dengan Rp 3,8 miliar.

Perlu diketahui, Mitsubishi Fuso Aero Star ini tercatat sudah menjadi bus perkotaan di Jepang sejak 1984, lalu generasi keduanya sudah ada sejak 1996 sampai dengan saat ini. Sementara, pada 2007 Mitsubishi Fuso sempat merilis Aero Star-S yang di-rebadge dari UD Trucks.

Gimana detikers? Cocok kan bus baru ini untuk Transjakarta?



Simak Video "Ternyata Ini Alasan Bus Sekarang Tak Dilengkapi Pintu Sopir"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/lth)