Canggih! Di China Kendaraan Berat untuk Perbaiki Jalan Bekerja Tak Pakai Sopir Lagi

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 29 Sep 2021 06:46 WIB
Kendaraan Konstruksi Tanpa Awak Perbaiki Jalan Tol di China
Kendaraan konstruksi tanpa awak perbaiki jalan tol di China. Foto: Dok. XCMG
Suzhou, China -

Teknologi kendaraan terbukti semakin canggih. Bahkan, armada konstruksi jalan tanpa awak sudah bisa dipekerjakan untuk memperbaiki jalan.

Perusahaan industri mesin, XCMG mengerahkan armada konstruksi jalan tanpa awak untuk menyelesaikan perbaikan jalan di Jalan Tol Nanjing-Shanghai, jalan raya tersibuk di Cina. Ini menjadi tonggak penting dalam pengembangan pemeliharaan dan konstruksi jalan raya cerdas secara global.

Armada tak berawak XCMG terdiri dari 10 tandem road roller dan dua pengaspal berukuran besar. Kesemua kendaraan konstruksi jalan tersebut berada di bawah komando BeiDou satellite positioning reference station. Pengoperasian armada konstruksi tanpa awak ini didukung oleh berbagai teknologi seperti penentuan posisi BeiDou yang sangat presisi, navigasi inersia, dan pengenalan rintangan. Armada menyelesaikan tugas terjadwal termasuk melaju, berbelok, dan pemadatan.

"Proyek pemeliharaan dan konstruksi jalan tak berawak ini memungkinkan kami mencapai tahap 'pemeliharaan cerdas'. Tingkat kelulusan inspeksi jauh lebih tinggi daripada konstruksi manual tradisional, dan teknologi tak berawak XCMG unggul dalam efisiensi konstruksi dan akurasi kontrol," kata Li Xin, Asisten GM Jiangsu Xiandai Road & Bridge Co. Ltd.. seperti dikutip dari PRNewswire.

XCMG menerapkan teknologi radar pengukuran ketebalan aspal. Pengukuran itu bisa mencapai kedalaman maksimal 120 mm dan menjamin kesalahan pengukuran ± 1mm. Teknologi ini memberikan dasar yang akurat untuk kontrol real-time dari ketebalan paving dan meningkatkan akurasi paving dan kualitas konstruksi.

Armada tak berawak telah memenuhi semua persyaratan konstruksi dan pemeliharaan melalui tes format grid ketebalan, pemadatan dan koefisien gesekan.

"Di masa depan, XCMG akan terus berkomitmen pada R&D produk cerdas dan tanpa awak, benar-benar mencapai standarisasi konstruksi teknik tak berawak dan membentuk kembali konstruksi yang sangat kompleks dan sulit. Dengan penginderaan dan kontrol cerdas, konstruksi digital, dan teknologi tak berawak sebagai intinya, XCMG didedikasikan untuk menyediakan solusi cerdas yang disesuaikan dan berkualitas tinggi bagi pelanggan," kata Lige Xue, Insinyur R&D XCMG.



Simak Video "1 Orang Terluka di Kecelakaan Beruntun Tol Layang MBZ Km 23"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)