Viral Kapal China Takuti Nelayan Natuna, Spesifikasinya Sekelas Destroyer?

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 19 Sep 2021 06:30 WIB
Video nelayan disebut berhadapan dengan kapal Coast Guard China di Laut Natuna Utara. (Screenshot video viral)
Foto: Video nelayan disebut berhadapan dengan kapal China di Laut Natuna Utara, kapal tersebut memiliki nomor lambung 172. (Screenshot video viral)
Jakarta -

Baru-baru ini viral video nelayan yang disebut berhadapan dengan kapal China di ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif) Laut Natuna Utara, Kepulauan Riau (Kepri). Kehadiran kapal China berdimensi sangat besar itu membuat nelayan takut melaut.

Sebenarnya masuk dalam tipe apakah kapal China yang ditakuti oleh para nelayan tersebut? Kapal penjaga pantai (cost guard) atau malah kapal perang tentara China?

Dalam video tersebut nelayan menyebutkan jika kapal yang mereka lihat adalah kapal perang China dengan nomor lambung 172. Namun ada juga nelayan lain yang mengatakan jika itu adalah kapal penjaga pantai China.

"Aaa ini dia, kapal perang China, nomor lambung 172," ujar nelayan yang merekam video tersebut.

"China cost guard," ujar nelayan lainnya.

"Bukan cost guard ini, kapal perang," sanggah nelayan yang merekam video tersebut.

Jika mengacu pada pernyataan nelayan yang menyebut bahwa kapal China itu memiliki nomor lambung 172, maka kapal itu kemungkinan besar adalah kapal perang tentara China dengan tipe destroyer atau perusak.

Ya, seperti dikutip dari berbagai literatur, kapal perang China dengan nomor lambung 172 memiliki nama Kunming dengan tipe 052D. Kapal ini mulai dinas di Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China sejak 2014 silam. Kapal ini dibuat oleh galangan kapal dalam negeri, Jiangnan, di Shanghai.

Karena ditugaskan sebagai kapal penghancur, Kunming 172 tentunya dilengkapi sistem persenjataan yang canggih. Untuk pertahanan jarak pendek, kapal ini dilengkapi senjata H/PJ-12 yang terletak di depan anjungan. Lalu untuk sistem pertahanan udara, dilengkapi rudal 24 Hongqi-10 yang terletak di atas hanggar.

Tak hanya itu, Kunming 172 juga dilengkapi rudal dengan sistem peluncuran vertikal universal (VLS) berbasis tabung, dengan total 64 sel, 32 di depan dan 32 belakang. Adapun jenis rudal yang dibawa antara lain HHQ-9 yang merupakan rudal permukaan ke udara, rudal anti kapal penjelajah YJ-18, dan rudal anti kapal selam CY-5.

Secara dimensi dan bobot, Kunming 172 memiliki panjang keseluruhan 157 meter, lebar keseluruhan 17 meter dan punya bobot penuh sekitar 7.500 ton. Kapal ini juga mampu membawa helikopter anti kapal selam.



Simak Video "KKP Tangkap 6 Kapal Pencuri Ikan Berbendera Vietnam di Laut Natuna"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)