PO SAN Sebar Teaser Bus Baru, Laksana Single Glass?

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 14 Sep 2021 12:52 WIB
PO SAN sebar teaser bus baru
Foto: Tangkapan layar Instagram @po_san_official. PO SAN sebar teaser bus baru.
Jakarta -

PO SAN (Siliwangi Antar Nusa) merilis foto teaser calon armada bus terbaru mereka. Dari ciri-ciri yang terlihat, bus baru PO SAN tersebut diduga adalah model Laksana Legacy dengan konsep single glass (kaca tunggal).

PO SAN merupakan salah satu pengguna setia bodi bus buatan karoseri Laksana. Perusahaan Otobus asal Bengkulu sudah menjadi pelanggan Laksana dari tahun 2007. PO SAN dan Laksana bahkan mengembangkan bus bersama, sehingga lahirlah seri SR yang sangat populer di pasar bodi bus Tanah Air.

Nah, dalam waktu dekat ini, PO SAN tampaknya juga akan merilis armada baru dari karoseri Laksana. Dalam unggahan di Instagram @po_san_official, diperlihatkan bocoran bus baru tersebut. Sayangnya hanya sedikit bagian yang ditampilkan, yakni bagian headlamp kiri saja.

Meski infonya masih samar-samar, kuat diduga jika bus itu merupakan unit terbaru Laksana Legacy dengan konsep single glass alias kaca tunggal. Soalnya beberapa waktu lalu founder PO SAN, Hasanuddin Adnan, sempat memamerkan sketsa Laksana Legacy single glass di akun media sosialnya.

Pun jika dilihat dari desain headlamp, kemudian list chrome, dan fog lamp-nya, sangat identik dengan sketsa yang dibagikan di facebook Hasanuddin Adnan tersebut.

Beberapa waktu lalu, Bus and Coach Consultant Laksana, Lang Widya Praba Wasista, mengatakan jika sketsa tersebut merupakan model Laksana Legacy SR2 yang telah diimprovisasi.

"Kita dari dulu sampai sekarang masih memproduksi (bus) Single Glass. Dan ini adalah facelift versi Single Glass yang sudah existing sebelumnya," terang Lang Widya, kepada detikOto.

[Gambas:Instagram]


Dikatakan Lang Widya, Legacy SR2 terbaru mendapat ubahan dari sisi eksterior, berupa selendang model S-Series yang lebih modern dan kekinian. "Jadi variasi selendang samping model baru, bumper, dan ornamen lain juga baru," sambungnya.

Sebagai informasi, Laksana Legacy SR2 dikhususkan untuk semua sasis bus bermesin besar bermesin belakang. "Kalau sasis bus besar bermesin depan kita pakainya Discovery DC03," ujarnya lagi.

Ada beberapa tipe Legacy SR2 yang dipasarkan, yakni Legacy SR2 untuk Single Glass (diproduksi dari 2016 sampai sekarang) dengan tinggi 3,7 meter. Lalu ada Legacy SR2 HD Prime untuk Double Glass tinggi standar 3,7 meter, Legacy SR2 XHD Prime untuk Double Glass dengan tinggi extra atau bus maxi 3,9 meter, dan terakhir ada Legacy SR2 Double Decker untuk bis tingkat, dengan tinggi 4,15 meter.

Soal banderol, menurut Lang ada penyesuaian harga untuk Laksana Legacy SR2 Single Glass versi facelift ini. "Harganya mulai dari Rp 485 juta body only ya," tukasnya.

(lua/din)