Ingat! Akhir Pekan Besok Bandung Terapkan Ganjil Genap

Dony Indra Ramadhan - detikOto
Jumat, 03 Sep 2021 09:45 WIB
Aturan Ganjil genap untuk kendaraan pribadi di dua ruas jalan, yakni Jalan Asia Afrika dan Ir H Djuanda, Kota Bandung kembali diberlakukan. Masih banyak pengendara yang kebingungan melintas di jalur yang diberlakukan ganjil genap tersebut.
Iluastrasi Ganjil Genap di Kota Bandung Foto: Wisma Putra
Jakarta -

Layaknya kota Bogor, Pemkot Bandung dan petugas Kepolisian akan menerapkan kebijkan ganjil genap di kota Bandung akhir pekan besok. Pelaksanaan ganjil genap dilakukan di gerbang tol masuk Bandung.

Mapolrestabes Bandung Jawa Barat, Kasat Lantas Polrestabes Bandung AKBP M Rano Hadianto mengatakan pada akhir pekan Minggu ini ganjil genap akan diterapkan di kota Bandung.

"Pada weekend nanti direncanakan akan dilaksanakan sistem ganjil-genap," ucap Kasat Lantas Polrestabes Bandung AKBP M Rano Hadianto di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Rabu (1/9/2021) kemarin kepada detik.com.

Rano juga menjelaskan pelaksanaan kebijakan ganjil-genap akan diawali di area pintu masuk ke Kota Bandung atau di kawasan gerbang tol. Ada lima gerbang tol yang akan diberlakukan ganjil-genap seperti Pasteur, Pasirkoja, Kopo, Buahbatu dan Moch Toha.

Ganjil genap di Bandung.Ganjil genap di Bandung. Foto: Dony Indra Ramadhan

"Pelaksanaannya sambil menunggu dari SK Kadishub Kota Bandung, nanti akan kita sampaikan kembali perkembangannya," kata Rano.

Untuk waktu pelaksanaannya, kata Rano, akan dilakukan pagi hari hingga malam mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. "Sementara yang kita lakukan di akses tol yang menjadi jalur utama masuk Kota Bandung," tuturnya.

Menurut Rano, untuk sementara ini pemberlakuan ganjil-genap hanya di area gerbang tol. Terkait di jalan pusat kota, pihaknya masih akan melakukan kajian.

"Sementara hanya di ring tiga, di gerbang tol, dan akan kami kaji kembali apakah di pusat Kota perlu diterapkan atau tidak," ucapnya.

Rano menjelaskan pemberlakuan ganjil-genap ini dilakukan guna mengontrol mobilitas di Kota Bandung. Sehingga kondisi Level 3 di Kota Bandung tidak kembali naik.

"Pertimbangan dilaksanakan ganjil-genap untuk mengontrol mobilitas masyarakat saat weekend agar tidak terlena karena Kota Bandung masih di Level 3," ujar Rano.



Simak Video "Ganjil-Genap Berlaku di Kabupaten Bandung, Sejumlah Kendaraan Diputar Balik"
[Gambas:Video 20detik]
(bbn/lth)