Mengenal Kode Pelat Mobil Pejabat Negara: Ada CD dan CC, Ini Penjelasannya

Tim detikcom - detikOto
Senin, 30 Agu 2021 17:07 WIB
Mobil berpelat konsulat Rusia palsu yang diamankan di Medan (Antara)
Foto: Mobil berpelat konsulat Rusia palsu yang diamankan di Medan (Antara)
Jakarta -

Viral berita seorang dokter berinisial MF di Medan, Sumatera Utara, menggunakan pelat mobil palsu milik Konsulat Rusia, dengan kode pelat CC. Bagi kamu yang belum tahu, pelat CC memang dikhususkan untuk pejabat negara. Tak hanya CC, masih ada beberapa kode pelat pejabat yang harus kamu tahu.

Aturan mengenai kode pelat nomor tercantum di Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor. Dalam aturan itu, disebutkan pula kode-kode khusus untuk pelat nomor kendaraan pejabat negara.

Berikut aturan pelat nomor khusus untuk pejabat negara, baik pejabat Indonesia, maupun pejabat negara lain:

1. Kode CD adalah Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) untuk ranmor Korps Diplomatik.

2. Kode CC adalah Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) untuk ranmor Korps Konsulat.

3. Kode CC adalah Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) STNK/TNKB khusus untuk ranmor Konsul Kehormatan.

4. Kode RI adalah Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) STNK/TNKB khusus untuk ranmor dinas Presiden, Wakil Presiden, Ketua Lembaga Tinggi Negara, dan Pejabat Setingkat Menteri.

Sementara NRKB untuk Ranmor Dinas pejabat TNI/Polri serta instansi pemerintah setingkat eselon I, II dan III, terdiri dari kode wilayah sesuai dengan wilayah Regident Ranmor, nomor urut registrasi dan seri huruf yang diatur oleh Kapolda.

Selanjutnya NRKB untuk STNK dan TNKB rahasia diberikan kepada intelijen TNI, intelijen Polri, intelijen Kejaksaan, Badan Intelijen Negara, dan Penyidik atau Penyelidik.

Adapun model ranmor dinas yang dapat diberikan STNK dan TNKB rahasia adalah sedan, Jeep, mini bus, dan sepeda motor. NRKB untuk STNK dan TNKB rahasia, terdiri dari kode wilayah sesuai dengan wilayah Regident Ranmor, nomor urut registrasi sesuai dengan jenis Ranmor dan seri huruf yang diatur oleh Kapolda.

(lua/lth)