Perpanjang STNK Online Pakai Aplikasi Signal Kena Biaya Rp 10 Ribu, Buat Apa?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 25 Agu 2021 14:39 WIB
Jakarta -

Perpanjang STNK nantinya bisa online menggunakan aplikasi Signal (Samsat Digital Nasional) yang menggantikan aplikasi Samolnas (Samsat Online Nasional). Perpanjang STNK online menggunakan aplikasi Signal akan dikenakan biaya Rp 10 ribu. Buat apa?

Kasubdit STNK Direktorat Registrasi dan Identifikasi (Ditregident) Korlantas Polri Kombes Pol M. Taslim Chairuddin menjelaskan, penggunaan aplikasi Signal memang ada biaya jasa penggunaan sistem sebesar Rp 10.000. Biaya itu digunakan untuk perawatan aplikasi Signal yang menggandeng pihak swasta.

"Itu karena aplikasi dibangun kerja sama dengan pihak ketiga/swasta. Hal itu kita lakukan agar tidak terjebak oleh manajemen penggunaan keuangan negara. Sistem harus terus dirawat, dikembangkan dan ada pembiayaan rutin (membayar biaya OTP dan tenaga customer service)," kata Taslim kepada detikcom, Rabu (25/8/2021).

Biaya itu juga digunakan untuk customer service dan operasionalnya yang memakai pihak swasta.

"Nilai 10 ribu juga peruntukannya terbagi untuk jasa switcher, jasa perbankan, jasa agregator, OTP, dan jasa digital platformnya sendiri," beber Taslim.

Biaya-biaya itu tidak bisa menggunakan anggaran negara. Sebab, menurut Taslim, sifat manajemen uang negara diajukan tahun ini untuk penggunaan tahun berikutnya. Jadi, tak memungkinkan melakukan perawatan aplikasi Signal dengan mengandalkan manajemen uang negara.

"Dalam hal pemeliharaan dan pengembangan terkadang kita juga butuh yang sifatnya segera. Dan jika itu terjadi (kalau tidak dipungut biaya Rp 10.000-RED) dipastikan kita terjebak/terkendala dari sisi pembiayaan," ucap Taslim.

Sementara itu, aplikasi Signal untuk pelayanan perpanjang STNK tahunan bakal diluncurkan bulan depan. Taslim mengkonfirmasi rencana peluncuran aplikasi Signal pada 22 September 2021.

"InsyaAllah sudah disepakati maksimal di tanggal 22 September, bersamaan dengan ultah Polantas," ucap Taslim.

(rgr/din)