KRI Golok Mirip Kapal Perang AS USS Independence, Siapa Lebih Canggih?

Tim detikcom - detikOto
Senin, 23 Agu 2021 15:28 WIB
USS Independence (LCS-2)
Foto: Instagram @usnavy. USS Independence (LCS-2).
Jakarta -

KRI Golok-688 resmi menjadi keluarga baru TNI AL. Mengusung model Trimaran, KRI Golok-688 memiliki konsep desain yang mirip dengan kapal perang Amerika Serikat, USS Independence (LCS-2). Lebih canggih yang mana ya? Ini perbandingannya.

Dikutip dari situs resmi TNI AL, KRI Golok-688 merupakan kapal jenis Kapal Cepat Rudal (KCR) Trimaran yang dibuat untuk memperkuat alutsista TNI AL.

KRI Golok-688 diklaim merupakan produk kapal pertama yang terbuat dari bahan composite yang memiliki keunggulan kekuatan spesifik yang tinggi, lebih ringan, serta mempunyai ketahanan lelah dan ketahanan korosi yang sangat baik.

KRI GolokKRI Golok-688 Foto: Instagram @ptlundin

Tak hanya itu, jenis bahan composite ini juga tidak gampang terdeteksi radar kapal atau pesawat musuh, sehingga KRI Golok-688 bisa dianggap memiliki kemampuan stealth alias siluman. KRI Golok-688 sendiri dibuat oleh perusahaan nasional, PT Lundin Industry Invest.

Soal spesifikasi, kapal ini punya panjang keseluruhan (Loa) 62,53 meter, lebar 16 meter, tinggi kapal dari draft 18,7 meter, dengan bobot 53,1 ton. Selain itu, kapal ini memiliki kecepatan maksimum 28 knots, kecepatan jelajah 16 knots, kapal perang ini juga dipersenjatai meriam 30 mm dan senapan 12,7 mm, serta mampu mengangkut 25 ABK (Anak Buah Kapal).

Dari segi desain, bentuk kapal ini cukup unik. Bagian depan hingga ke tengah meruncing atau melancip, sedang bagian belakangnya mengotak, kemudian di bagian atasnya terdapat semacam kubah dengan model berundak. Secara umum, KRI Golok memiliki konsep desain seperti USS Independence (LCS-2) yang dioperasikan Angkatan Laut AS.

USS Independence (LCS-2)USS Independence (LCS-2) Foto: Instagram @usnavy

Sebagai informasi, USS Independence merupakan salah satu kapal Littoral Combat Ship (LCS) yang digunakan US Navy. Tentara AS setidaknya memiliki 12 buah kapal jenis LCS sebagai kekuatan armada lautnya.

Secara dimensi, USS Independence memiliki dimensi lebih panjang dibanding KRI Golok. Kapal yang diluncurkan pada 2008 itu memiliki panjang 128,5 meter, lebar 31,6 meter, dengan bobot mencapai 3.200 ton. Kapal ini memiliki kecepatan maksimum 44 knots, kecepatan jelajah 18 knots, dengan daya jelajah sejauh 7.964 km.

Dengan dimensi yang besar, USS Independence juga bisa mengangkut 2 helikopter SH-60 Sea Hawk, beberapa UAV atau satu buah helikopter CH-53 Sea Stallion. Kemudian untuk kapasitas penumpang, kapal ini bisa menampung sekitar 40 orang, terdiri dari 8 perwira dan 32 ABK (Anak Buah Kapal).

Selain itu, kapal ini juga dipersenjatai beberapa sistem pertahanan, seperti sistem pertahanan rudal Raytheon Evolved SeaRAM, yang dikombinasi dengan Phalanx 1B close-in weapon system dengan 11 peluncur peluru kendali untuk Rolling Airframe Missile (RAM) secara otomatis.

(lua/din)