Soal Warna Baru Pelat Nomor Kendaraan Jadi Putih, Ini Kata Pak Polisi

team DetikOto - detikOto
Kamis, 12 Agu 2021 08:24 WIB
Contoh Pelat Nomor Warna Putih
Contoh Pelat Nomor Warna Putih Foto: Istimewa
Jakarta -

Jika dilihat dari Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor, seharusnya warna pelat nomor kendaraan pribadi sudah tidak lagi memiliki latar belakang hitam bertuliskan angka dan huruf berwarna putih, melainkan memiliki latar belakang putih bertuliskan angka dan huruf berwarna hitam.

Kabar ini kembali mencuat, karena seharusnya warna pelat nomor kendaraan baru ini sudah diterapkan 5 Mei 2021 kemarin. Akan tetapi peraturan Kepolisian tersebut bisa dipastikan belum diterapkan, seperti yang disampaikan Kasubdit STNK Korlantas Polri Komisaris Besar Taslim Chairuddin, yang dikutip CNNIndonesia.

"Belum (belum diterapkan), masih dalam proses. Kita harus mengikuti aturan pengadaan barang dan jasa. Kemungkinan tahun depan baru bisa diterapkan materialnya belum siap," ujar Taslim beberapa waktu lalu.

Jika dilihat dalam Peraturan Kepolisian tersebut, memang sudah dijelaskan secara gamblang bahwa pelat nomor kendaraan atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) sudah dipastikan berubah warna. Hal tersebut tertulis dalam Pasal 45, yakni:

(1) TNKB sebagaimana dimaksud dalam Pasal 44 ayat (1) berwarna dasar:
a. putih, tulisan hitam untuk Ranmor perseorangan, badan hukum, PNA dan Badan Internasional;
b. kuning, tulisan hitam untuk Ranmor umum;
c. merah, tulisan putih untuk Ranmor instansi pemerintah; dan
d. hijau, tulisan hitam untuk Ranmor di kawasan perdagangan bebas yang mendapatkan fasilitas pembebasan bea masuk dan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pelat Nomor Khusus Kendaraan ListrikIlustrasi Pelat Nomor Khusus Kendaraan Listrik Sekarang Foto: Dok. Korlantas Polri

(2) Warna TNKB sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditambahkan tanda khusus untuk Ranmor listrik yang ditetapkan dengan Keputusan Kakorlantas Polri.

(3) TNKB dipasang pada tempat yang disedial

(4) Standardisasi spesifikasi telmis TNKB ditetapkan dengan Keputusan Kalmrlantas Polri.

(5) Pengadaan material TNKB diselenggarakan secara terpusat oleh Korlantas Polri.


Sebagai catatan Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor dan menggantikan Peraturan Kepala Kepolisian Nomor 5 Tahun 2012 tentang Registrasi Kendaraan dan Identifikasi Kendaraan Bermotor



Simak Video "Ingat! Pelat RF Bukan Prioritas, Laporkan Jika Ngotot Minta Jalan"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)