Pesan Menyentuh Driver Ojol yang Kembalikan Uang Puluhan Juta Milik Penumpang

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 11 Agu 2021 12:07 WIB
Drivel ojol dapat sembako buah kejujurannya. Dia mengembalikan setumpuk uang senilai puluhan juta milik penumpang yang tertinggal.
Driver ojol yang kembalikan uang puluhan juta milik pelanggannya dapat bantuan sembako (Twitter @tama28nda)
Jakarta -

Belakangan ini sebuah viral di Twitter cerita driver ojol yang menemukan duit puluhan juta milik penumpang yang tertinggal. Sang driver kemudian mengembalikan uang tersebut dan menolak dibayar Rp 500 ribu sebagai imbalan kebaikannya.

Driver tersebut bernama Tama. Kepada detikoto dia menceritakan momen tersebut saat mendapatkan orderan dari seorang penumpang wanita. Kemudian penumpang tersebut menitipkan sebuah barang di bagasi motornya. Namun ketika sampai di tempat tujuan penumpang tersebut lupa mengambilnya dan terbawa oleh Tama.

Belakangan diketahui bungkusan tersebut ternyata berisi segepok uang senilai Rp 80 juta. Tak tergoda untuk mengambilnya, Tama kemudian memutuskan mengembalikan uang tersebut. Sebuah upaya yang tak mudah karena dia tak bisa menghubungi wanita tersebut. Tama bahkan harus 2 jam berkeliling rumah sakit lokasi penumpangnya turun untuk mencarinya.

Kisah ini dia bagikan ke akun Twitter pribadinya @tama28nda dan viral. Banyak netizen yang memuji sifat jujur dari Tama dengan tidak membawa kabur uang tersebut dan punya niat setulus hati untuk mengembalikannya.

Tama kemudian berbagi cerita ke detikcom mengenai pengalaman tersebut. Dirinya mengatakan, saat menemukan uang tersebut dia hanya ingin mengembalikannya langsung kepada si pemilik yang merupakan penumpangnya.

"Niat saya benar hanya ingin mengembalikan uang senilai Rp 80 juta tersebut ke pemiliknya, karena itu bukan hak saya. Bisa saja saya menghabiskan uang tersebut dengan liburan, tapi setelah itu tidur saya jadi nggak nyenyak dan pasti jadi gelisah," kata Tama saat dihubungi detikcom, Senin (9/8/2021).

Saat mengunggah ceritanya ke sosial media, Tama mengaku pasti ada saja masyarakat yang menyindir. Meski begitu, Tama tidak mempermasalahkan hal itu karena dia melakukan tindakan ini sepenuh hati.

"Nah masalahnya ini kan sosial media, nggak bisa kita mengontrol tanggapan orang-orang atau netizen karena pasti ada aja yang menyindir. Tapi dari awal niat saya itu hanya ingin mengembalikan uang kepada penumpang saya," ujarnya.

Usai cuitannya di Twitter viral, beberapa hari kemudian Tama dipanggil ke kantor daerah perusahaan ojek online tempat dia bekerja. Ternyata,Tama mendapatkan sejumlah sembako sebagai hadiah atas perbuatan baik dan jujurnya sebagai driver.

"Hari ini saya sempat dipanggil ke kantor yang ada di Bandar Lampung, ternyata Alhamdulillah saya dikasih sembako. Para karyawan juga menanyakan kepada saya 'sudah siap belum ke kantor pusat di Jakarta? Nanti mau masuk ke acara tv' tapi saya merasa masih belum siap," ungkap Tama sambil tertawa.

Harapan Tama Setelah Kisahnya Viral

Tama berharap, dari kejadian yang dialaminya ini dapat memberikan inspirasi terhadap masyarakat. Dia juga mengingatkan untuk selalu melakukan hal kebaikan kepada satu sama lain.

"Intinya jangan lelah berbagi dan jangan pernah berhenti berbuat baik. Tujuan saya share itu biar saling bergerak satu sama lain, syukur-syukur bisa memberikan inspirasi di tengah situasi seperti ini," pungkas Tama.

Sampai saat ini, cuitan Twitter milik Tama sudah mendapat respon banyak dari netizen. Kini tweetnya telah mendapat Retweet sebanyak 6,6 ribu kali dan tombol like lebih dari 39 ribu kali.



Simak Video "Layanan Kirim Barang Jadi Penyelamat Mitra Ojol"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)