Fitur Bus Listrik TransJakarta: Ada Suara Buatan, Pakai Baterai Spesifikasi Tesla

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 05 Agu 2021 18:51 WIB
Mayasari Bakti bermitra dengan Transjakarta untuk pengadaan bus listrik
Foto: Dok. Mayasari Bakti. Mayasari Bakti bermitra dengan Transjakarta untuk pengadaan bus listrik.
Jakarta -

PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) bakal segera mengoperasikan bus listrik. Sebagai tahap awal, PO Mayasari Bakti menjadi salah satu mitra yang akan menyuplai 30 unit bus listrik BYD untuk TransJakarta. Soal faktor keselamatan dan keamanan, BYD menjamin jika bus listrik tersebut sudah sesuai dengan standar yang diatur dalam regulasi pemerintah.

Salah satu fitur penting di bus listrik ini adalah suara buatan atau Artificial Sound, yang bisa membuat pengguna jalan lain sadar akan kendaraan besar ini. Selain itu, bus listrik TransJakarta buatan pabrikan China ini sudah menggunakan spek baterai Lithium Iron Ferro Phosphate (LFP). Untuk informasi, baterai LFP juga digunakan pada mobil sedan listrik Tesla Model 3 tipe Standard Range yang dijual di China.

Seperti dijelaskan PT Bakrie Autoparts--distributor resmi BYD--kepada detikOto, Kamis (5/8/2021), bus listrik BYD K9 yang masuk di Indonesia saat adalah produk impor utuh (CBU), sehingga memiliki fitur keselamatan yang sama dengan BYD K9 yang beredar di China, yaitu dilengkapi dengan:

1. Bus dilengkapi motor listrik berdaya 180 kW.

2. Baterai Lithium Iron Ferro Phosphate (LFP) berdaya besar 324 kWH, yang sudah dibuktikan sanggup untuk menjalani rute TransJakarta non-stop sehari penuh untuk 1x charging dalam Uji Coba dengan TransJakarta.

3. Pengereman Full Air Brake yang dilengkapi ABS-EBS, serta sistem regeneration brake yang mengkonversi gaya pengereman menjadi daya pengisi baterai

4. Sisi kenyamanan dengan fitur Full Air Suspension yang ditambahkan fitur Kneeling yang dapat menyesuaikan ketinggian bus saat penumpang disabilitas akan menaiki bus.

Bus listrik PO Mayasari Bakti yang akan digunakan armada TransjakartaBus listrik PO Mayasari Bakti yang akan digunakan armada Transjakarta Foto: Dok. Mayasari Bakti

Pada paket pertama sebanyak 30 unit bus BYD K9 akan dibeli PO Mayasari Bakti. Berikut spesifikasi dan fiturnya:

1. Dimensi bus BYD K9 telah mengikuti spesifikasi bus listrik single lantai rendah (bus single 12 meter) yang ditetapkan oleh Dinas Perhubungan DKI dan TransJakarta untuk pasar Indonesia.

2. Bus telah dilengkapi dengan 12 buah Kamera CCTV termasuk perekam.

3. Bus BYD K9 di Indonesia sudah dilengkapi dengan setir kanan (RHD).

4. Fitur telematik dan GPS telah disiapkan dalam bus BYD K9 yang disesuaikan dengan system yang digunakan TransJakarta (instalasi lokal OBU standar TransJakarta).

5. Dilengkapi fitur suara tambahan berupa 'Artificial Sound' (suara yang dibuat untuk memberikan informasi bagi pengemudi lain ataupun pejalan kaki mengenai bus yang mendekat) yang merupakan salah satu standar keselamatan kendaraan listrik di Indonesia yang disyaratkan sesuai regulasi kelaikan kendaraan yang diterbitkan Kementerian Perhubungan.

Kemudian untuk kapasitas penumpang bus single BYD K9, Bakrie Autoparts mengklaim bahwa sudah memenuhi kapasitas penumpang yang diharapkan untuk bus single 12 meter dan memenuhi persyaratan yang di tentukan oleh regulasi Kementerian Perhubungan.

(lua/din)