Pemerintah Mau Buat Charging Mobil Listrik Khusus Disabilitas

M Luthfi Andika - detikOto
Kamis, 29 Jul 2021 12:37 WIB
PT PLN (Persero) luncurkan aplikasi Charge-In. Aplikasi ini membantu pengguna kendaraan listrik mencari SPKLU terdekat hingga monitor pengisian daya.
Ilustrasi SPKLU PLN Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Kalau saat ini Stasiun Pengisian Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) tidak mengutamakan untuk para penyandang disabilitas, ke depannya pemerintah mengatakan akan lebih mengutamakan para penyandang disibilitas.

Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan, Wanhar, pada ajang Electric Vehicle Indonesia via Youtube, Rabu (28/7/2021), mengatakan pemerintah akan menyediakan SPKLU khusus para penyandang disabilitas.

"Tentu saja (akan menyediakan SPKLU khusus disabilitas) karena sudah kebijakan pemerintah Indonesia menyediakan untuk para penyandang disabilitas," ucap Wanhar.

"Namun memang saat ini belum banyak baru 166 unit, tapi kita bisa lihat tempatnya cukup nyaman, karena ada di rest area, SPBU dan gedung-gedung dan tentu kami akan mengingatkan ke kementerian terkait untuk menyediakan SPKLU untuk disibilitas," Wanhar menambahkan.

Per Februari 2021 tercatat ada 32 titik SPKLU yang tersebar di 12 kota dan 22 lokasi, antara lain di kantor-kantor PLN dan beberapa lokasi pusat keramaian seperti pusat perbelanjaan. Selain itu terdapat 33 titik Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) yag tersebar di 33 lokasi di 3 kota, yaitu Banten, Bandung dan Bali.

PLN juga telah meluncurkan aplikasi PLN Charge.IN pada akhir Januari 2021 lalu. Aplikasi Charge.IN adalah aplikasi charging yang pertama pada SPKLU bagi konsumen pemilik KBLBB.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan telah membangun 122 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) hingga April 2021. Team detik.com langsung melihat kesiapan SPKLU milik PLN Jakarta-Denpasar.Ilustrasi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan telah membangun 122 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) hingga April 2021. Team detik.com langsung melihat kesiapan SPKLU milik PLN Jakarta-Denpasar. Foto: 20Detik

Melalui aplikasi Charge.IN, pemilik KBLBB bisa mengontrol dan memonitor pengisian baterai mobil atau motor listrik di stasiun-stasiun pengisian atau SPKLU. Aplikasi PLN Charge.IN sudah tersedia di google playstore, sehingga saat ini masyarakat sudah dapat menikmati kemudahan dalam mengisi daya kendaraan listrik.

Selain mendorong SPKLU dan SPBKLU, komposisi pengecasan kendaraan listrik juga banyak dilakukan di rumah. Oleh karena itu, PLN juga akan menyiapkan infrastruktur charging untuk di rumah pelanggan beserta stimulus penggunaan listriknya.



Simak Video "Intip Kesiapan SPKLU PLN, Jakarta-Denpasar Aman!"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)