Mengenal Jenis-jenis Bus di Indonesia, dari Normal Deck sampai UHD

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 27 Jul 2021 08:09 WIB
Momen libur nataru kerap dimanfaatkan warga untuk pergi ke luar kota. Tak sedikit warga yang pilih menaiki bus double deck untuk perjalanan jarak jauh.
Beragam jenis bus yang ada di Indonesia. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Beragam jenis bus beredar di Indonesia. Kini, bus yang beredar di Indonesia ada yang tergolong bus mewah. Kenyamanan penumpang diutamakan.

Saat ini, tersedia beberapa jenis bodi bus yang diproduksi oleh karoseri lokal Indonesia. Jenisnya beragam, mulai dari normal deck, high decker, Super High Decker, hingga bus tingkat atau double decker.

Sudah tahu bedanya jenis-jenis bus yang ada di Indonesia? Berikut penjelasan mengenai jenis bus yang ada di Indonesia seperti dikutip Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Bus Non-High Decker atau Normal Deck

Bus Non-HD memiliki kursi sopir yang sejajar dengan penumpangnya. Bus yang disebut dengan normal deck ini memiliki ketinggian sekitar 3 meter sampai 3,3 meter.

Bagian bagasi tidak terlalu luas. Tampilan badan bus kebanyakan persegi panjang.

Bus Non-HD atau normal deck ini biasanya digunakan sebagai pengangkut penumpang kelas ekonomi.

Bus High Decker (HD)

Bus high decker (HD) ini merupakan varian pertama dari jenis bus dengan dek tinggi. Ketinggian bus sekitar 3,4 meter sampai 3,5 meter.

Armada bus di Terminal Garut kembali beroperasi usai pelarangan mudik lebaran selama lebih dari sepekan terakhir. Para calon penumpang yang hendak naik harus memiliki surat bebas COVID-19.Bus HD. Foto: Hakim Ghani/Detikcom

Dari luar sih bus HD ini tampak tidak berbeda dengan bus non-HD. Tapi kalau dilihat dari dalam, keunikan dari bus HD ini adalah posisi sopir yang lebih rendah dibanding kursi penumpang.

Selain itu, kaca depannya berupa kaca tunggal yang besar. Alhasil, penumpang lebih leluasa melihat pemandangan ke luar.

Bus Super High Decker (SHD)

Bus double glass Adiputro Jetbus 3+ SHDBus double glass Adiputro Jetbus 3+ SHD Foto: Adiputro

Selanjutnya ada bus super high decker atau disingkat SHD. Bus ini terbilang jenis bus yang modern. Tingginya sekitar 3,9 meter dan memiliki bagasi yang luas.

Ciri yang paling mencolok dari bus SHD adalah kaca depan yang menggunakan kaca ganda atau memiliki sekat pembatas.

Biasanya, bus SHD memiliki interior yang mewah. Selain itu, bus SHD umum memiliki fitur canggih yang membuat penumpang merasa nyaman.

Bus High Decker Double Glass (HDD)

Suasana terminal bus tipe A PacitanBus HDD. Foto: Purwo Sumodiharjo

Bus High Decker Double Glass atau HDD merupakan pengembangan lebih lanjut dari bus SHD. Bus HDD memiliki tinggi sekitar 3,7 meter dengan interor yang kekinian.

Bus HDD mengadopsi kaca depan ganda (double glass), yang membuat tampilan bus lebih keren. Bus ini hanya menggunakan single wiper di kaca atasnya, mengingat bidang yang tidak terlalu luas. Begitu juga jarak kaca belakang dengan lubang sirkulasi pada bus lebih sempit.

Bus Double Decker (DD)

Bus tingkat bodi Legacy SR2 DD buatan karoseri LaksanaBus tingkat bodi Legacy SR2 DD buatan karoseri Laksana Foto: Instagram @laksanabus

Bus double decker (DD) juga dikenal sebagai bus tingkat. Tinginya kurang lebih 4,15 meter dengan dua tiingkat deck yang dihubungkan melalui tangga.

Bus double decker ini cocok digunakan untuk bus wisata. Tapi, ada pula PO bus yang menggunakan bus double decker ini sebagai bus AKAP.

Sebagai bus AKAP, bus tingkat menawarkan pelayanan kelas premium dengan waktu tempuh yang cepat. Bus dengan kabin ganda ini biasanya juga menawarkan kelas sleeper (kursi rebahan) yang terletak di dek bawah di belakang kabin pengemudi.

Bus Ultra High Decker (UHD)

Perusahaan karoseri yang bermarkas di Malang, Adi Putro punya model bus Ultra High Deck (UHD).Perusahaan karoseri yang bermarkas di Malang, Adi Putro punya model bus Ultra High Deck (UHD). Foto: Dadan Kuswaraharja

Bus ultra high decker atau UHD menggabungkan fungsi bus SHD dan bus DD. Ketinggiannya sekitar 4 meter. Di dalamnya terbagi antara kabin khusus sopir dan kru serta kabin untuk penumpang. Jadi di dek bawah khusus kabin driver dan kru serta kompartemen bagasi, sedangkan dek atas khusus untuk kabin penumpang.

Jenis bus UHD ini biasanya digunakan untuk armada AKAP karena sudah memiliki kapabilitas tinggi untuk mengangkut penumpang dan barang.



Simak Video "Intip Keunggulan Bus Double Decker Dibanding Single Decker"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)