Mau Naik Sleeper Bus? Segini Biayanya

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 15 Jul 2021 20:23 WIB
Jakarta -

Sleeper bus bisa menjadi opsi menarik bagi kamu yang ingin berpergian keluar kota. Sleeper bus menawarkan pelayanan kelas satu dengan konsep kursi yang lebih privasi dan bisa direbahkan, sehingga nyaman untuk tidur. Lantas, berapa ya ongkos naik sleeper bus keluar kota?

Sebagai informasi, saat ini sleeper bus banyak dijadikan sebagai armada bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi). Beberapa Perusahaan Otobus di pulau Jawa memiliki armada sleeper bus, seperti PO Sinar Jaya, New Shantika, Tami Jaya, dan Handoyo.

1. Sinar Jaya

Sinar Jaya menjadi pionir dalam penggunaan sleeper bus sebagai armada transportasi. PO yang bermarkas di Cibitung, Bekasi ini mengoperasikan Laksana Legacy SR2 Suite Class. Sleeper bus PO Sinar Jaya melayani rute Jakarta-Surabaya dengan tarif Rp 480.000. Selain itu, ada juga trayek Jakarta-Yogyakarta yang memiliki tarif Rp 350.000.

2. New Shantika

Perusahaan Otobus asal Jepara, Jawa Tengah ini mengoperasikan dua unit Legacy SR2 Suite Class untuk melayani trayek Jepara-Jakarta. Tarif sleeper bus PO New Shantika yakni berkisar Rp 290.000.

3. Tami Jaya

Tami Jaya juga memiliki armada Legacy SR2 Suite Class yang dikombinasi sasis RN 285 dengan air suspension. Sleeper bus milik PO Tami Jaya melayani trayek Yogyakarta-Bali dengan tarif Rp 600.000.

4. Handoyo

PO Handoyo mengoperasikan armada Legacy SR2 Suite Class untuk rute Yogyakarta-Jakarta. Memiliki konfigurasi 21 tempat duduk, harga tiket sleeper bus Handoyo adalah sekitar Rp 305.000.

Itulah perkiraan biaya naik sleeper bus di pulau Jawa. Jika kamu tertarik mencoba salah satu sleeper bus tersebut, maka sebelum pergi pastikan dulu jika kondisi badanmu sehat ya. Selain itu, jangan lupa juga membawa syarat-syarat dokumen perjalanan selama PPKM Darurat (3 Juli-20 Juli 2021). Bagi yang ingin keluar wilayah Jabodetabek wajib membawa hasil tes Antigen negatif yang diambil maksimal pada H-1. Selain itu, kamu juga perlu membawa dan menunjukkan kartu vaksin, minimal dosis pertama.

(lua/din)