Ban Tanpa Angin Mulai Diuji Dalam Kota, Seperti Ini Wujudnya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 23 Jul 2021 14:55 WIB
Ban Tanpa Angin Goodyear
Foto: Goodyear. Ban Tanpa Angin Goodyear
Jakarta -

Goodyear telah mengembangkan ban non pneumatik (NPT) atau ban tanpa angin. Ban tanpa angin ini akan digunakan untuk mobil otonom di lingkungan kota. Kini, ban tanpa angin diuji coba dalam program Ultimate Urban Circulator (U2C) yang dioperasikan oleh Jacksonville Transportation Authority (JTA).

"Otoritas Transportasi Jacksonville dengan bangga mengintegrasikan teknologi inovatif dan berkelanjutan ini ke dalam program pengujian dan pembelajaran kendaraan otonom kami saat kami mengembangkan mobilitas masa depan melalui Ultimate Urban Circulator," kata Nathaniel P. Ford Sr, CEO JTA.

Ban tanpa angin akan dipasang pada shuttle otonom Olli yang memuat delapan orang dari Local Motors untuk penggunaan di lapangan. Sebelumnya, Goodyear telah bekerja sama dengan Local Motors dalam mengembangkan teknologi ini selama tiga tahun terakhir, dengan beberapa target kinerja seperti beban, kecepatan, dan daya tahan tercapai.

Mulai 2019, pengembangan ban NPT Goodyear mulai dilakukan pengujian di jalan. Fase pengujian terbaru ini berfungsi untuk memvalidasi teknologi.

Goodyear mengklaim ban tanpa udara menawarkan beberapa manfaat, seperti bebas perawatan, tahan lama, dan lebih berkelanjutan. Goodyear memperkirakan ban NPT pertamanya akan diperkenalkan ke pasar pada akhir dekade ini.

Ban Tanpa Angin GoodyearBan Tanpa Angin Goodyear Foto: Goodyear

Ban tanpa udara bisa digunakan kendaraan dengan mengusung desain jari-jari atau web sebagai pengganti udara bertekanan. Dengan demikian, ban tanpa angin ini tidak akan mengalami kempis yang berlebihan dan kurang angin sehingga memperpanjang umur tapak mereka.

Selama fase pengujian, Goodyear dan Local Motors akan mengumpulkan data dari JTA, mencari sudut pandang tentang kenyamanan berkendara, kebisingan, dan variabel lainnya.

"Seiring dengan perkembangan mobilitas, kami merasa bahwa ban dapat mengubah cara kami bergerak dan arsitektur alternatif tanpa udara sangat ideal, terutama di lingkungan transportasi otonom yang sedang berkembang," kata Michael Rachita, manajer program senior, ban non-pneumatik Goodyear.

"Kendaraan otonom, seperti Olli, perlu mengurangi biaya perawatan dan berkinerja andal. Ban non-pneumatik Goodyear diposisikan untuk membuat tim perawatan tidak perlu khawatir sambil memberikan penumpang perjalanan yang tenang dan konsisten. Ban non-pneumatik mungkin hanya menjadi standar industri di tahun-tahun mendatang," komentar Vikrant Aggarwal, presiden Local Motors.



Simak Video "Siap-siap! 2024, Michelin Mulai Jual Ban Tanpa Udara"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)