Melihat Bus Double Decker Dalam Kota Terbaru Austria, Cakepnya Bikin Iri!

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 09 Jul 2021 11:56 WIB
Bus double decker Setra terbaru untuk Austria
Bus Setra S 531 DT double decker terbaru akan digunakan untuk bus dalam kota di Austria.Foto: Daimler AG/Daimler Trucks & Buses Communica
Jakarta -

Perusahaan transportasi dalam negeri Austria, belum lama ini meremajakan armada transportasi bus rapid transit dalam kota mereka, dengan bus double decker terbaru keluaran anak perusahaan Daimler. Tercatat mereka menggunakan sembilan bus double decker dari Setra.

Penggunaan bus double decker sebagai armada transportasi bus rapid transit antar kota sebenarnya bukan barang baru di Eropa.

Sebelum Austria menggunakannya, Berlin, Jerman dan London, Inggris sudah lebih dulu menggunakan bus double decker untuk armada bus dalam kota mereka.

Bus yang digunakan oleh perusahaan transportasi dalam negeri Austria ini adalah bus double decker Setra terbaru yaitu Setra S 531 DT double decker.

Bus yang diberi julukan 'inter-city weasel bus' ini, diklaim memiliki jumlah jok sebanyak 72 buah dan masih ada ruang untuk berdiri 20 orang penumpang. Sehingga total bus double decker ini bisa membawa sebanyak 92 penumpang.

Bus DaimlerBus Daimler Foto: Daimler AG/Daimler Trucks & Buses Communica

"Bus ini juga memiliki ruang untuk penumpang yang menggunakan kursi roda dengan akses ramp lipat yang terletak di pintu belakang," tulis Daimler dalam rilis resminya.

"Terdapat juga ruang khusus pengemudi, alat penghitung jumlah penumpang, serta tiga buah layar TFT untuk menujukkan informasi perjalanan dan ada toilet yang 'winter-proof'," tulis Daimler.

Menurut laman resmi operator bus yang akan menjalankan inter-city weasl bus ini, Postbus, mereka sudah memulai perjalanannya dengan bus double decker terbaru ini per 5 Juli kemarin.

"Bus double decker terbaru ini sudah siap melayani sejak 5 Juli. Menyediakan koneksi yang cepat dan lancar bagi para komuter ke dan dari St. Pölten," tulis Postbus pada laman resminya.

Operator bus Postbus ini, tercatat sudah menggunakan jasa bus dari Setra sejak 10 tahun belakangan. Daimler mengklaim, saat ini mereka menggunakan jasa 115 armada bus Setra untuk kebutuhan transportasi umum bus dalam kota mereka.



Simak Video "Intip Keunggulan Bus Double Decker Dibanding Single Decker"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)