Senin Pertama PPKM Darurat: Duh, Titik Penyekatan Sebabkan Macet Panjang

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 05 Jul 2021 11:40 WIB
Kemacetan akibat penyekatan PPKM Darurat di Kalimalang
Kemacetan di Kalimalang akibat penyekatan PPKM Darurat (ANTARA/Yogi Rachman)
Jakarta -

Senin Pertama pemberlakuan PPKM Darurat menunjukkan banyak lokasi jalanan di Jakarta sepi. Namun di wilayah perbatasan, titik penyekatan menyebabkan kemacetan cukup panjang. Duh!

Dari pantauan detikOto melalui akun Twitter TMC Polda Metro Jaya @TMCPoldaMetro hingga Senin (5/7/2021) pagi, sejumlah titik penyekatan mengalami kepadatan dan bahkan macet. Hal ini diakibatkan masih banyak masyarakat yang beraktivitas, terutama berangkat kerja ke kantor.

Salah satu yang terparah terjadi di Jalan Lenteng Agung Raya, Jakarta Selatan. Pagi ini kondisi jalan dari arah Depok menuju Pasar Minggu macet akibat penyekatan. Petugas gabungan Polri dan TNI menjaga ketat akses tersebut.

Hadir juga sejumlah mobil barracuda untuk menjaga akses penyekatan. Kendaraan dipaksa putar balik dari Pos PPKM darurat di Lenteng Agung melalui jembatan tapal kuda. Kemacetan sudah panjang hingga mengular ke depan Universitas Pancasila.

Pihak kepolisian juga melakukan penyekatan di Pos PPKM darurat Pasar Jumat, Jakarta Selatan. Terlihat sejumlah petugas tengah mengarahkan kendaraan untuk putar balik dan dilarang masuk ke Jakarta.

Pada perbatasan Bekasi dengan DKI Jakarta, arus lalu lintas juga terlihat padat. Terutama pada Jalan Raya Kalimalang yang mengalami kemacetan.

Dikutip dari Antara, antrean kendaraan mencapai sekitar satu kilometer menjelang pos penyekatan. Petugas gabungan dari TNI, Polri, Dishub, hingga Satpol PP memutar balik kendaraan dari Jakarta yang menuju ke arah Bekasi.

Sementara itu penyekatan juga dilakukan di Pos PPKM darurat perempatan Sarinah, Jakarta Pusat. Pengendara yang ingin melintas di Jalan MH Thamrin menuju Bundaran Patung Kuda dialihkan.

Pada pos penyekatan PPKM Darurat Ciledug Raya depan Universitas Budi Luhur, terpantau petugas polisi juga memutar balik pengendara yang ingin melintas.

Dari pantauan CCTV Live Jasamarga, pagi ini ruas Tol Dalam Kota Jakarta terdapat kemacetan pada Km 7 dari Kuningan menuju arah Semanggi. Namun untuk arah sebaliknya terlihat lengang.

Hal ini berimbas sejumlah pintu keluar di Tol Dalam Kota yang ditutup mulai dari arah timur ke barat meliputi gerbang tol Tegal Parang dan Polda Metro Jaya. Lalu dari arah barat ke timur termasuk gerbang tol Semanggi, Senayan dan Pancoran.

Sejumlah pengguna media sosial juga menampilkan foto serta video kemacetan di daerah Salemba, Pejompongan, Kramat Jati, dan Senen menuju Jalan Gunung Sahari pada hari Senin pertama PPKM darurat.



Simak Video "Alasan 100 Titik ke Jakarta Disekat Saat PPKM Darurat"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)