Ada Kandang Macan di Dalam Bus, Ini Maksudnya

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 02 Jul 2021 07:06 WIB
Kandang macan di dalam bus
Foto: Instagram @onibusmsc. Kandang macan di dalam bus.
Jakarta -

Di dunia transportasi bus ada yang namanya istilah kandang macan. Tapi bukan kandang untuk hewan bertaring ya, melainkan sebuah ruang tempat tidur untuk awak bus.

Ketua Umum BisMania Community, Zaenal Arifin, mengatakan bahwa kandang macan merupakan sebuah ruang tidur kru yang letaknya berada di bagian paling belakang, tepatnya setelah kursi belakang.

"Jadi di bagian belakang kursi belakang itu kan ada ruang. Nah itu dimanfaatkan untuk istirahat para kru, biasanya ada penutupnya berupa tirai (agar lebih privasi)," kata Zaenal kepada detikOto, belum lama ini.

Selain terletak di belakang, kandang macan juga bisa diletakkan di depan. Konfigurasi ini biasanya ada di bus-bus modern, yang mengusung konsep Ultra High Decker (UHD).

Kandang macan di dalam busKandang macan di dalam bus Foto: Instagram @onibusmsc

"Yang terbaru ada di depan, di samping bawah sopir. Kemaren kalo nggak salah sudah ada di PO Sempati Star sama PO JRG. Yang di bus-bus UHD, kandang macannya biasanya ada di depan," sambung Zaenal.

Zaenal menambahkan, kandang macan biasanya terdapat di bus-bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi), khususnya untuk bus dengan rute-rute panjang dan membawa lebih dari satu tenaga pengemudi dan kondektur.

"Biasanya (kandang macan) adanya di bus-bus AKAP. Di bus-bus pariwisata ada juga (kandang bus), tapi jarang, contohnya ada di PO Juragan 99," terang Zaenal.

Apakah keberadaan kandang macan berpengaruh ke kenyamanan penumpang? "Nggak mengganggu. Karena kan nggak mengurangi jumlah kursi atau mengurangi ruang leg rest (sandaran betis)," tukas Zaenal.

(lua/din)