Yamaha Mau Produksi Pesawat Terbang, Pakai Mesin Sepeda Motor

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Kamis, 01 Jul 2021 08:56 WIB
Pesawat Terbang Bikinan Yamaha
Pesawat terbang garapan Yamaha (Yamaha Global)
Jakarta -

Yamaha baru saja mengumumkan kerjasama dengan salah satu perusahaan di bidang penerbangan. Nantinya, produsen otomotif asal Jepang tersebut akan memproduksi pesawat berukuran kecil yang mengusung teknologi mesin miliknya.

Hal ini diumumkan langsung oleh Yamaha melalui laman resminya. Pihaknya telah resmi bekerja sama dengan ShinMaywa, perusahaan yang bergerak di industri penerbangan di Jepang.

Adanya kesepakatan ini terjalin secara resmi pada Selasa (29/06/2021) waktu setempat. Namun tidak dijelaskan berapa lama durasi kontrak kerjasama antara keduanya.

"Yamaha Motor Co., Ltd dan ShinMaywa Industries, Ltd telah menjalin kesepakatan untuk penelitian pesawat kecil generasi terbaru," tulis pernyataan Yamaha melalui laman resminya.

Dalam kerjasama ini, Yamaha akan berusaha menciptakan sebuah pesawat terbang berukuran kecil yang mengadaptasi teknologi dari mesin sepeda motornya. Sementara ShinMaywa akan mengembangkan desain serta teknologi pada pesawat terbangnya.

Pesawat Terbang Bikinan YamahaMesin pesawat terbang bikinan Yamaha (Yamaha Global)

"Berdasarkan perjanjian ini, Yamaha Motor akan mencari cara untuk mengadaptasi teknologi mesin kecil ke dalam industri penerbangan. Sementara ShinMaywa akan mengadaptasi teknologi dan keahlian para teknisi pesawat untuk merancang konsep, membuat prototipe, melakukan pengujian, memverifikasi teknologi otonom dan masih banyak lagi," tulisnya.

Kedua perusahaan ini akan terus berupaya melakukan penelitian dan pengembangan pesawat terbang, rencananya mereka akan membangun pesawat prototipe berukuran kecil terlebih dahulu. Pihaknya juga akan menimbang membuat pesawat komersial di masa depan yang disesuaikan dengan minat masyarakat dan pasar.

Sejatinya ini bukan rencana yang pertama dilakukan oleh Yamaha. Pada Januari 1982, Yamaha telah mengumumkan akan melakukan pengembangan pada mesin motornya untuk penerbangan kecil, mulai dari layang-layang bermotor hingga helikopter tanpa awak. Namun sayang, niat Yamaha pada saat itu belum bisa terwujud.

Jika Yamaha serius dalam mengembangkan pesawat yang lebih besar, bukan tak mungkin akan menambah pesaing di industri pesawat terbang. Selain itu, Yamaha juga masuk ke dalam deretan produsen otomotif yang ikut terjun ke industri pengembangan pesawat.

Sebelumnya ada Honda yang telah meluncurkan pesawat komersial bernama HondaJet. Bahkan pesawat ini menjadi jet terlaris di kelasnya untuk 2020, berdasarkan angka yang diberikan oleh General Aviation Manufacturers Association.

Sejak mendapatkan sertifikasi tipe dari Federal Aviation Administration (FAA) pada akhir 2015, HondaJet terus membuktikan dirinya sebagai jet paling maju dalam kategori ini dengan mencapai beberapa tonggak penerbangan. Armada HondaJet juga terus berkembang hingga saat ini, lebih dari 170 pesawat HondaJet telah dioperasikan di seluruh dunia dengan lebih dari 68.000 jam terbang.



Simak Video "Berubah Total! Intip Modifikasi Yamaha Xmax 250 Jadi Cafe Racer"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)