Mobil Klasik Berumur 86 Tahun Ini Laku Rp 19,5 Miliar

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 30 Jun 2021 06:45 WIB
Duesenberg JN 1935
Duesenberg JN 1935 yang dijual seharga Rp 19,5 miliar (bringtrailer.com)
Jakarta -

Sebuah mobil klasik berhasil dilelang dengan harga yang sangat fantastis mencapai Rp 19,5 miliar. Apa sih istimewanya mobil Duesenberg Model JN yang sudah berusia nyaris 100 tahun itu.

Mobil antik tersebut itu adalah Duesenberg Model JN keluaran tahun 1935. Diproduksi oleh perusahaan Rollston, mobil bertipe convertible bergaya klasik ini sangat laku di pasaran pada tahun 1920 hingga 1930-an.

Hanya saja, Rollston mengalami kebangkrutan di tahun 1938 dan kalah bersaing dengan produsen otomotif lainnya. Meski begitu, mobil produksi Rollston masih banyak digemari oleh pecinta desain klasik karena jiwa coachbuilder-nya sangat kental.

Begitu juga dengan Duesenberg Model JN 1935 yang tampil pada sebuah situs lelang. Mobil tipe ini jadi salah satu yang digemari karena punya tenaga mumpuni dan memiliki desain mewah pada eranya.

Dikutip dari Carscoops, pada tahun 1930-an mobil ini dibeli oleh seorang tokoh terkemuka yang berkecimpung di dunia industri sepatu, Herbert N Lape Sr, asal Cincinnati, Amerika Serikat. Dia juga merupakan tangan pertama yang membeli mobil tersebut sebelum berpindah ke orang lain.

Puluhan tahun mobil miliknya tersimpan rapi di dalam garasi rumah, hingga akhirnya seseorang memindahkan ke California. Tak lama, mobil ini kemudian tampil di dalam Imperial Palace Casino, Las Vegas, antara tahun 1993 sampai 1998.

Mobil ini kemudian dibeli oleh Indianapolis Motor Speedway Foundation pada tahun 2000 dan mendapat sejumlah perbaikan. Setelah itu, Duesenberg JN 1935 disimpan di dalam museum IMS (Indianapolis Motor Speedway).

Tidak hanya disimpan saja, mobil ini beberapa kali juga tampil pada acara parade atau pameran mobil di Amerika Serikat. Salah satunya adalah parade balapan F1 yang berlangsung di AS, mobil ini dibawa mengitari sirkuit dan ditumpangi oleh pebalap Ferrari, Rubens Barrichello dan Michael Schumacher.

Bicara spesifikasi, Duesenberg JN dibekali dengan mesin berkapasitas 6.9 L delapan-segaris yang menghasilkan tenaga hingga 265 horse power. Sebelum memiliki warna biru tua seperti saat ini, pada saat dibeli mobil tersebut memiliki kelir merah dan kuning. Namun akhirnya mobil itu di cat seperti warna sekarang pada tahun 90-an.

Duesenberg JN produksi 1935 berhasil dilelang dengan harga fantastis mencapai US$ 1,34 juta atau sekitar Rp 19,4 miliar pada sebuah situs lelang Bring A Trailer di Amerika Serikat, Jumat (25/6/2021) waktu setempat.



Simak Video "Liburan Seru di Museum Angkut Kota Batu, Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)