Pembangunan Tol Merata, Jadi Kesempatan Besar Buat Bisnis Tranportasi

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Sabtu, 26 Jun 2021 15:37 WIB
Larangan mudik Lebaran 2021 telah diberlakukan sejak Kamis (6/5) lalu. Di tengah larangan mudik, begini suasana di Tol Trans Jawa hingga Pelabuhan Merak.
Ilustrasi jalan tol Foto: Antara Foto
Jakarta -

Pembangunan jalan tol serta infrastruktur yang merata ternyata berdampak banyak kepada beragam sektor. Tak terkecuali bagi para pengusaha bus pariwisata.

Menurut Romy Firmangustri, Direktur Operasional dari perusahaan bus pariwisata White Horse Group, dengan adanya pembangunan jalan tol yang masif ini potensi bisnis pariwisata semakin dapat berkembang.

"Sekarang ini, untuk urusan transportasi jalanan kita udah sangat baik. Tol sudah di mana-mana dan sepertinya ini kesempatan yang oke banget untuk bisnis pariwisata dan transportasi seperti kita," papar Romy kepada detikOto.

Meskipun tidak memiliki rute khusus seperti bus AKAP, menurut Romy dengan adanya jalan tol ini kian mempermudah pilihan rute penumpang yang menggunakan jasa bus pariwisata.

"Kalau kita kan bisnis pelayanan, jadi permintaan dari penumpang pasti akan kita coba penuhi secara maksimal. Kadang-kadang tamu tanya ke kita (rute) ini bus bisa masuk atau nggak," papar Romy.

"Pastinya sebelum jalan dan memastikan bisa untuk dilalui, kita pasti akan survey dulu. Kita tanya dulu sama supir, kita cari informasi tentang objek tujuannya, cari informasi ke hotelnya dan pastinya kita survey," lanjutnya.

Romy mengatakan bahwa dengan adanya jalan tol yang terbentang di sepanjang pulau Jawa, setidaknya bus mereka akan melewati rute yang lebih aman dan penumpang pun bisa lebih merasa nyaman.

Menurutnya, bukan tidak mungkin perusahaan bus pariwisata akan menggunakan beragam bus mewah hingga bus double decker. Lantaran, akses yang dilalui sudah nyaman dan mendukung.

"Nanti kan 2024 juga akan ada jembatan dari Palembang (Sumatera Selatan) ke Pulau Bangka, ini pasti akan makin banyak bus yang kesana dan pastinya sangat baik untuk industri pariwisata," papar Romy.

Saat ini, perusahaan bus White Horse melayani perjalanan bus dari Palembang hingga Bali. Tentunya dengan serangkaian rencana tol yang akan dibangun oleh pemerintah, menurut Romy ini akan membuka kesempatan bagi seluruh pemain di industri pariwisata.



Simak Video "1 Orang Terluka di Kecelakaan Beruntun Tol Layang MBZ Km 23"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/lth)