Segini Ongkos Naik Bus Premium Double Decker

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 23 Jun 2021 11:57 WIB
PO Putera Mulya
Berapa ongkos naik bus premium? Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Penumpang bus di Jawa saat ini sangat dimanjakan dengan hadirnya bus-bus premium di rute AKAP (Antar Kota Antar Provinsi). Sesuai dengan labelnya, bus premium biasanya menawarkan fasilitas kelas satu, seperti kursi yang besar, bantal dan selimut, sandaran kaki, USB, dan masih banyak lainnya. Lalu berapa ya biaya yang harus dikeluarkan penumpang untuk naik bus premium ini?

Sebagai gambaran, untuk rute Jakarta-Blora, terdapat PO Garuda Mas yang memiliki layanan bus premium double decker, dengan sasis Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 dibalut bodi Adiputro. Untuk harga tiketnya sendiri yakni sekitar Rp 250 ribu. Fasilitasnya antara lain ada colokan USB, selimut, AVOD (Audio Video On Demand) untuk memutar film dan musik favorit, dan tentu saja ada AC dan toilet. Selain itu, penumpang juga dapat free service makan 1 kali.

Bus Double Decker PO Garuda masBus double decker PO Garuda Mas Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom

Lanjut untuk PO kedua, ada PO Lorena yang memiliki layanan bus premium untuk trayek Jakarta-Malang. PO Lorena juga menggunakan Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 dibalut bodi Adiputro. Harga tiket PO Lorena double decker ini dibanderol Rp 400 ribu, dengan fasilitas AC, toilet, reclining seat, stop kontak, dispenser air minum, free service makan, sandaran kaki, juga layanan AVOD.

Sementara itu untuk rute Jakarta-Wonogiri, ada PO Putera Mulya yang menawarkan layanan bus premium double decker, dengan sasis Scania K410iB yang berbalut bodi Jetbus Adiputro tanpa selendang di bodi bagian samping. Sebagai informasi, Putera Mulya menjadi PO pertama di Jawa yang mengoperasikan bus premium double decker untuk trayek AKAP.

Bus double decker PO Putera Mulya sendiri terdiri dari 2 kelas, yaitu First Executive Class di dek atas dan Elegant Class di dek bawah, yang diperuntukkan bagi 6 penumpang saja. Tersedia juga fitur TV LCD, toilet, colokan USB, kompartemen bagasi, selimut, dan bantal, serta fasilitas makan, kudapan, dan minuman. Untuk harga tiketnya, dibanderol di rentang Rp 225.000 hingga Rp 325.000.

Perusahaan Otobus (PO) Putera Mulya baru saja meluncurkan layanan Bus Trans Jawa, di Pulogebang Jakarta Timur, Kamis (14/2). Bus ini mampu melaju 120 km/jam di jalan Tol.Bus double decker PO Putera Mulya Foto: Agung Pambudhy
(lua/din)