Harganya Mahal, Kenapa Banyak PO Borong Bus Double Decker?

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 17 Jun 2021 15:21 WIB
Bus tingkat PO Rosalia Indah buatan karoseri Adiputro
Bus double decker PO Rosalia Indah garapan karoseri Adiputro. Foto: Instagram @adiputro_official
Jakarta -

Bus double decker tengah menjadi tren di dunia transportasi Indonesia. Bahkan Perusahaan Otobus (PO) di pulau Jawa tampak berlomba-lomba merilis bus double decker dalam jumlah banyak. Padahal seperti diketahui, harga bus double decker tidaklah murah, mencapai Rp 3 miliar. Lalu mengapa banyak PO menjadikan bus double decker sebagai salah satu armada bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi)?

Dijelaskan Brand & Marketing Communication Manager karoseri Laksana, Candra Dewi, bus double decker yang memiliki kapasitas besar sangat cocok dan efisien untuk melayani pasar-pasar yang gemuk.

"Para bus operator di Indonesia beberapa tahun ini sudah berkembang sangat pesat, jadi mereka semua sekarang berlomba-lomba pada kualitas pelayanan mereka ke para penumpang. Fasilitas yang sekarang tersedia di bus-bus AKAP sudah sangat luar biasa sekali," kata Dewi, kepada detikOto.

Bus tingkat bodi Legacy SR2 DD buatan karoseri LaksanaBus double decker PO Laju Prima buatan karoseri Laksana Foto: Instagram @laksanabus

Lanjut Dewi menjelaskan, bus double decker memiliki fleksibilitas dalam hal pengaturan kelas. Jadi dalam satu bus, bisa disematkan berbagai kelas seperti kelas eksekutif, super eksekutif, hingga kelas sleeper.

"Beberapa operator misalnya, minta ditambahkan kabin suites class di bawah atau kabin super executive. Ada beberapa yang minta, area pengemudi/crew dipisahkan dari penumpang. Jadi kemungkinannya bisa lebih luas," sambung Dewi.

"Bahkan dengan adanya Suites Class yang kami luncurkan tahun 2019 lalu banyak operator yang juga mulai menyasar kelas menengah ke atas. Bus double decker ini menurut kami merupakan salah satu strategi dari beberapa operator juga untuk semakin meningkatkan pelayanan tersebut ke masyarakat," kata Dewi lagi.

Bus tingkat PO Gunung HartaBus tingkat PO Gunung Harta buatan karoseri Adiputro Foto: Instagram @adiputro_official

Di pulau Jawa sendiri saat ini ada beberapa PO yang mengoperasikan bus double decker, antara lain PO Putera Mulya, PO Harapan Jaya, PO Sinar Jaya, PO Rosalia Indah, PO Garuda Mas, PO Agra Mas, PO Gunung Harta, PO Murni Jaya, PO Lorena, PO Nusantara, PO Efisiensi, PO Laju Prima, dan PO Safari Dharma Raya.

Dari sekian banyak PO yang mengoperasikan bus tingkat, PO Rosalia Indah menjadi salah operator terbanyak yang memiliki armada bus double decker.

"Akhirnya kebanyakan PO beli double decker, termasuk sultan Palur, Rosalia Indah. Dia punya 21 unit bus tingkat, pakai bodi Adiputro dan Laksana, dan sasisnya juga pakai berbagai merek," kata Ketua Umum BisMania Community, Zaenal Arifin, kepada detikOto.

(lua/lth)