Jalan Tol Banyak Dibangun, Bus Double Decker Tumbuh Subur

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 16 Jun 2021 13:49 WIB
Bus Double Decker PO Garuda mas
Bus double decker PO Garuda Mas. Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom
Jakarta -

Banyak Perusahaan Otobus (PO) di pulau Jawa yang kini menjadikan bus double decker alias bus tingkat sebagai salah satu armada bus AKAP. Hal itu tidak lepas dari membaiknya kondisi infrastruktur jalanan karena banyaknya pembangunan jalan tol. Jalan tol yang terintegrasi bisa mengakomodasi bus double decker yang memiliki bodi panjang dan tinggi.

"Penggunaan bus double decker untuk AKAP di Indonesia tentu saja karena sudah adanya prasarana penunjang yang memadai, jalanan yang lebar, serta ketinggian leluasa, dan tentunya didukung adanya tol Trans Jawa yang memudahkan pergerakan bus double decker untuk melayani rute AKAP," terang Bus and Coach Consultant dari karoseri Laksana, Lang Widya Praba Wasista, kepada detikOto, Rabu (16/6/2021).

Perusahaan karoseri Laksana turut meramikan ajang Gaikindo Indonesia Auto Show (GIIAS) 2018 dengan meluncurkan produk terbarunya yakni Legacy SR2 Double Decker alias bus tingkat.Bus double decker buatan karoseri Laksana Foto: Khairul Imam Ghozali

Ditambahkan Brand & Marketing Communication Manager Laksana, Candra Dewi, dulunya bus double decker hanya digunakan di wilayah perkotaan saja. Itu pun terbatas penggunaannya, hanya untuk kebutuhan bus pariwisata.

"Bus double decker itu nilai investasinya sangat tinggi, jadi para operator bus AKAP lebih banyak wait and see (lihat dan menunggu) dulu. Jadi di awalnya (bus double decker) malah lebih banyak berupa CSR dari perusahaan-perusahaan ke kota-kota, terutama Jakarta untuk angkutan bus perkotaan/dibuat semacam bus wisata gratis di beberapa kota besar," kata Dewi, kepada detikOto.

Bus tingkat Tentrem yang diperkenalkan di GIIAS 2019 laluBus double decker buatan karoseri Tentrem Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Saat ini di pulau Jawa sendiri tercatat ada beberapa PO yang mengoperasikan bus double decker, antara lain PO Putera Mulya, PO Harapan Jaya, PO Sinar Jaya, PO Rosalia Indah, PO Garuda Mas, PO Agra Mas, PO Gunung Harta, PO Murni Jaya, PO Efisiensi, dan PO Safari Dharma Raya. Dengan adanya kabin ganda, bus double decker biasanya memiliki banyak pilihan kelas, mulai kelas sleeper, super eksekutif, dan eksekutif.

Dikatakan Ketua Umum BisMania Community, Zaenal Arifin, PO Putera Mulya menjadi bus double decker pertama yang melayani rute AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) di pulau Jawa.

"Ketika (bus double decker) Putera Mulya launching 2016 bulan Desember, waktu itu Trans Jawa sudah dibangun sampai Brexit (Brebes Exit). Di layani trayek Jakarta-Wonogiri (PP)," ujar Zaenal.

Bus tingkat pabrik rokok Sukun buatan karoseri LaksanaBus double decker buatan karoseri Laksana Foto: Laksana
(lua/din)