Waduh! Ada Diskon PPnBM, Stok LCGC di Dealer Numpuk

M Luthfi Andika - detikOto
Rabu, 09 Jun 2021 07:37 WIB
Diskon PPNBM Mobil Baru
Diskon PPnBM 50 persen Foto: Diskon PPNBM Mobil Baru(M Fakhri Aprizal/Tim Infografis)
Jakarta -

Relaksasi pajak PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) untuk pembelian mobil baru memasuki etape kedua, artinya setiap konsumen yang hendak membeli mobil baru mendapat diskon pajak PPnBM sebesar 50 persen. Tapi detikers tahu tidak, kabarnya akibat kebijakan ini, membuat pilihan mobil murah LCGC banyak stok di masing-masing deler mobil.

Seperti yang dikatakan sales Toyota kepada detikOto yang menceritakan bahwa stok mobil murah di dealer mereka menumpuk. Meski hal tersebut tidak terjadi pada semua model LCGC yang ditawarkan.

"LCGC jadi kurang peminat karena tidak ada promo PPnBM, Toyota Calya banyak stok-nya pak. Tetapi untuk Agya relatif normal," kata Sales Toyota di wilayah Jakarta kepada detikOto.

Situasi yang tidak jauh berbeda juga dirasakan sales Honda yang lokasi dealernya berada di pinggir Jakarta. Sales Honda mengatakan terjadi penurunan pemesanan mobil LCGC semenjak ada relaksasi pajak PPnBM.

Skema Diskon PPnBM Mobil 1.501-2.500 ccSkema Diskon PPnBM Mobil 1.501-2.500 cc Foto: Pool

"Kalau khusus Brio sendiri itu, seperti Satya tidak ada terpengaruh jadi kalau Brio Satya masih sehat, tapi memang booking pemesanannya agak turun tapi supply demand-nya masih aman. Seperti saat ini kita ada supply 15 unit di cabang kami dan saya yakin bulan ini akan habis," kata sales Honda.

Namun sales Honda mengakui banyaknya konsumen yang masih ingin membeli Honda Brio Satya tergantung dari domisili.

"Banyaknya konsumen memilih Honda Brio Satya itu juga tergantung dari domisili. Kebetulan konsumen di sini banyak yang menginginkan Honda Brio, saya tidak tahu kalau dealer Honda lainnya," Sales Honda menambahkan.

Seperti diketahui, sejak adanya diskon PPnBM, harga LCGC tidak lebih murah dari sebelumnya. Soalnya, yang diberikan diskon adalah komponen PPnBM. Sementara LCGC sejak awal sudah dikenakan PPnBM 0%. Jadi, ketika ada diskon PPnBM, harga LCGC tetap normal.



Simak Video "Diskon PPnBM 100% Diperpanjang, Segini Diskon Mobil Honda"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)