Curhat Konsumen yang Ded-degan Dapat Diskon PPnBM 100% atau Tidak

team DetikOto - detikOto
Sabtu, 05 Jun 2021 11:17 WIB
Diskon PPNBM Mobil Baru
Iustrasi Foto: Diskon PPNBM Mobil Baru(M Fakhri Aprizal/Tim Infografis)
Jakarta -

Diskon atau relaksasi pajak PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) yang digelar pemerintah, agar masyarakat semangat untuk memiliki mobil baru yang berujung pada peningkatan perekonomian Indonesia tidak berjalan mulus. Bahkan masyarakat menilai pemerintah menerapkan aturan tanpa melihat kesiapan industri.

Seperti curhatan konsumen Toyota yang rela menunggu selama 1 bulan untuk mendapatkan mobil baru dengan diskon PPnBM sebesar 100 persen. Bahkan konsumen Toyota ini yakin banyak masyarakat yang gagal mendapatkan diskon PPnBM 100 persen.

"Karena pemerintah mengeluarkan kebijakan tapi tidak mampu membendung euforia konsumen. Konsumen harus inden berbulan-bulan, saya beruntung meski harus menunggu 1 bulan tapi masih mendapatkan diskon PPnBM sebesar 100 persen," ujar salah satu konsumen diler Auto2000 di DKI Jakarta yang melakukan pembelian Toyota Rush.

"Jadi saya melakukan pemesan pada akhir Maret 2021 dan keluarnya baru akhir bulan Mei 2021. Ini seperti pemerintah mengeluarkan program tetapi tidak memperhitungkan di lapangannya, orang berbondong-bondong ingin membeli tapi tidak ada unitnya. Saya yakin orang jarang mendapatkan PPnBM 100%, karena setelah saya beli (membayar DP penuh) saya pantau juga. Kecuali unit-unit yang 50 persen seperti Innova dan Fortuner, mereka mudah mendapatkan, tapi yang mendapatkan diskon 50 persen itu lebih mudah," ujar konsumen Auto2000 menambahkan.

Skema Diskon PPnBM Mobil 1.501-2.500 ccSkema Diskon PPnBM Mobil 1.501-2.500 cc Foto: Pool

Meski demikian konsumen Auto2000 ini sangat bersyukur dirinya masih bisa mendapatkan diskon PPnBM sebesar 100%.

"Kalau respon dari showroom bagus, tapi kendala dari unitnya ini sangat sulit. Namanya program pemerintah selalu seperti ini. Kalau dari Showroom sudah sesuai karena siapa sih yang tidak mau jualan, karena jualan adalah mata penghasilan mereka, tapi banyak yang ingin beli tapi barangnya tidak ada. Kendalanya jadi ya ada pada ketersediaan unitnya," ucap konsumen Auto2000 tersebut.

"Kemarin saya mendapatkan diskon sebesar Rp 20 juta lebih dan itu langsung saya larikan ke aksesoris, tapi saya bersyukur mendapatkan diskon PPnBM 100 persen, coba saja lihat antreannya itu banyak sekali. Mungkin perbandingannya menurut saya 20:1 (20 yang melakukan pemesanan unit kendaraan dengan diskon PPnBM 100%, tapi yang mendapatkan hanya 1 pembeli saja), beruntung saya mendapatkan unitnya," imbuhnya.



Simak Video "KuTips: Cara Cermat Berburu Mobil Baru saat Diskon PPnBM"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)