Gubernur Anies ke Pemotor: Hormati Pesepeda di Jalan

Tim Detikcom - detikOto
Jumat, 04 Jun 2021 22:56 WIB
Thumbnail video
Anies Baswedan meminta pemotor menghormati pesepeda saat berbagi jalan (CNN Indonesia TV)
Jakarta -

Pesepeda disebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai pengguna jalan yang lebih berisiko dibanding pengendara kendaraan bermotor. Karenanya, pemotor diminta menghormati penggowes.

Dalam pernyataan terbarunya, Anies menyebut seluruh pengguna jalan harus saling menghormati. Namun karena pesepeda dinilai paling berisiko, pengendara motor diminta menghormati keberadaan pesepeda,

"Saya berharap kepada semua ikuti, bila anda bersepeda, di situ ada jalur sepeda gunakan jalur itu. Bila anda bermotor lihat yang naik sepeda, pahami bahwa ini lebih berisiko loh baik sepeda dibanding naik motor, hormati dia. Begitu juga kendaraan besar lainnya," kata Anies Baswedan dalam acara Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2021 di Kementerian Perhubungan, Jl Medan Merdeka Barat, Jumat (4/6/2021).

Dilanjutkan Anies, keselamatan harus menjadi faktor utama yang diperhatikan oleh semua pengguna jalan.

Dalam hal kasus yang terjadi di DKI Jakarta belakangan ini, Anies menyadari kalau pesepeda dan pengguna jalan lain harus berbagi tempat. Mantan menteri pendidikan itu berharap warga bisa terbiasa dengan kondisi tersebut.

"Sekarang kita mulai membiasakan karena itu fase ini pembelajaran. Bagi semua pengendara kendaraan, apakah bermotor atau tak bermotor hormati satu sama lain. Jangan sekedar melihat jalurnya saja, tapi pikirkan keselamatan.'

"Semua yang berangkat naik kendaraan ingin sampai ke tujuan dengan selamat. Jadi ini bukan sekedar soal aturan, biasanya ditanya nanti tilangnya berapa, tilangnya kapan, lalu di lokasi mana, kita tidak seremeh itu. Itu soal yang lebih besar, soal bagaimana kita membiasakan menghormati satu sama lain apapun aturannya. Jadi ini fase pembelajaran," papar Anies dikutip dari detikNews.



Simak Video "Langkah Serius Polisi Untuk Tilang Road Biker Nakal"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)