Pengendara Moge Wajib Punya SIM Khusus, Komunitas: Bikinnya Jangan Ribet, Pak Polisi

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 31 Mei 2021 12:39 WIB
Klub motor gede (moge)
Pengguna motor gede akan diwajibkan memiliki SIM khusus (Instagram SOUTHLANDERZ MC INDONESIA)
Jakarta -

Polri menerapkan aturan tentang penggolongan SIM C berdasarkan cc motor dan kategori motor listrik.Komunitas dan pengguna motor gede (moge) tak masalah dengan aturan tersebut, asal mengurusnya tidak ribet.

Diberitakan sebelumnya, Polri kini menetapkan ada tiga jenis SIM C. Dalam Peraturan Kepolisian Nomor 5 Tahun 2021, pemilik motor gede (moge) dan pengendara motor listrik kini harus memiliki SIM CI dan CII untuk menggunakan kendaraannya. SIM CI untuk motor 250cc sampai 500cc dan motor listrik, sementara SIM CII untuk motor 500 cc ke atas dan motor listrik.

Yoga Matofani, selaku Vice President klub motor gede Southlanderz MC, menyambut baik aturan penggolongan SIM ini. Namun ada beberapa catatan yang dia sampaikan. Salah satunya perihal kesiapan aturan tersebut dilaksanakan di lapangan. Pihak kepolisan perlu menyiapkan aturan ini dengan jelas.

"Gak masalah, sih, dengan adanya pemberlakuan ini. Cuma yang jelas, pembuatan SIM ini yang harus jadi concern nih. Jangan sampai ribet pas pembuatannya," papar Yoga kepada DetikOto, Senin (31/05/21).

Honda Gold Wing 2021Pengendara Moge Wajib Punya SIM Khusus, Komunitas: Bikinnya Jangan Ribet, Pak Polisi Foto: Pool (visordown)

Yoga mengatakan bahwa masih ada beberapa poin dalam aturan ini yang masih rancu, khususnya mengenai peningkatan golongan.

"Menurut saya, syarat peningkatan golongan SIM ini agak gimana gitu. Untuk memiliki SIM CII harus lebih dulu punya SIM CI yang digunakan selama 12 bulan," papar Yoga yang juga pemilik Harley Davidson model Softail tahun 1998 ini.

"Anggap lah saya naik motor bebek dan punya SIM C, lalu saya ada rezeki mau beli Harley Davidson atau motor sport yang cc-nya 1000cc. Apa saya harus bikin SIM C1 dulu? Dan apa saya harus punya motor cc di bawah itu? Mungkin ini harus dikaji ulang," ujar Yoga.

Selain itu, menurut Yoga perlu ada persiapan khusus dari kepolisian terkait ujian pembuatan SIM ini.

"Yang pasti sih jangan pakai moge pribadi yah (untuk ujian) karena pasti akan ribet. Saya rasa pihak kepolisian harus menyiapkan beberapa motor gede tersebut ya," papar Yoga.

Menurut Yoga, dengan adanya ujian SIM C yang matang dari pihak kepolisian akan menuntut setiap pengguna moge memiliki keahlian berkendara yang layak.

Untuk dicatat, penggolongan SIM C dalam tiga jenis ini sudah mulai diberlakukan oleh pihak kepolisian lewat Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan SIM yang diundangkan pada 19 Februari 2021.

Namun pihak kepolisian saat ini masih tahap sosialisasi aturan ke masyarakat sembari menyiapkan sarana dan prasarana yang diperlukan.



Simak Video "Bawa Yamaha XMAX dan Honda Forza, Apa Perlu SIM Moge?"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)