Uji Jalur Tikus Bekasi-Karawang Tanpa Kendala dengan Bantuan Ojek Lokal

Yogi Ernes - detikOto
Rabu, 12 Mei 2021 13:59 WIB
Jelang hari raya Idul Fitri pemudik mulai mencari jalur-jalur aman termasuk jalan pintas guna menghindari penyekatan.
Ilustrasi Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Larangan mudik 2021 seperti tidak dihiraukan oleh para pemudik, padahal larangan mudik ini diberlakukan untuk bisa menekan penyebaran virus Corona yang berujung mengakhiri pandemi. Kali ini detik.com pun melakukan uji coba melintasi jalur tikus yang berada di sekitar pos penyekatan Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, perbatasan antara Bekasi dengan Karawang.

Dalam laporan detik.com, jalur tikus ini berada di jalan raya Kosambi, jaraknya dua kilometer dari pos penyekatan Kedungwaringin. detikcom kemudian masuk di jalur tikus tersebut ditemani salah satu tukang ojek pangkalan sebagai penunjuk jalan. Masuk ke jalur tersebut hamparan sawah di kanan dan kiri sisi jalan telah terbentang.

Ada dua jalur di jalur tikus tersebut. Beberapa ruas jalannya memang berlubang. Namun kendaraan roda dua dan roda empat pun masih bisa melintas.

Melintas di jalur tikus tersebut bukan sesuatu yang rumit. Pengendara hanya perlu mengikuti ruas jalan yang ada di lokasi tanpa perlu pusing dengan banyaknya belokan.

Jalur tikus ini melewati pemukiman warga di Kecamatan Kedungwaringin. Total ada lima perkampungan yang dilewati ketika melintas melalui jalur tikus tersebut.

Jalur tikus di sekitar pos penyekatan KedungwaringinJalur tikus di sekitar pos penyekatan Kedungwaringin Foto: Yogi Ernes/detikcom

"Jadi jalur tikus ini mulai masuk pertama itu di Kampung Kosambi, terus melewati Kampung Baleker, Kampung Babakan, terus Kampung Cebong terus Kampung Kapek, Kampung Pandang, lalu Kampung Kramat sampai tembus nanti perbatasan Kedungwaringin-Karawang," kata tukang ojek itu kepada detikcom, Rabu (12/5/2021).

Sepanjang jalur tikus ini tidak nampak adanya penjagaan, baik dari petugas atau penjagaan secara kolektif dari warga. Semua kendaraan bisa melintas dengan tanpa adanya hambatan.

Setelah 30 menit menelusuri jalur tikus tersebut, detikcom tiba di titik perbatasan Kedungwaringin-Karawang. Lewat jalur tikus tersebut tiap pengendara bisa melenggang dengan mudah melewati pos penyekatan Kedungwaringin. Tentu aparat harus mengantisipasi pemudik nekat melewati jalur tikus ini.



Simak Video "Dilema Korlantas soal Boleh atau Tidaknya Mudik Sebelum 6 Mei"
[Gambas:Video 20detik]
(gbr/lth)