Berani-beraninya Bus Akap Ini Kelabui Petugas: Ngaku Kosong, Ternyata Bawa Penumpang Mudik

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 06 Mei 2021 15:43 WIB
Bus AKAP Diam-diam Bawa Penumpang di tengah larangan mudik
Mengaku tak bawa penumpang, bus AKAP ini ternyata menyelundupkan beberapa pemudik (Luthfi Anshori/detikcom)
Jakarta -

Sebuah bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) mengelabui petugas gabungan penyekatan pemudik di perbatasan Bekasi. Kepada petugas Polisi, kernet bus tersebut mengaku tak membawa penumpang dan hanya membawa dua orang, yakni dirinya dan sang driver. Tapi setelah diperiksa ke dalam kabin, ternyata ditemui cukup banyak penumpang yang ingin mudik.

Larangan mudik 2021 resmi berlaku mulai hari ini (6/5/2021). Salah satu pos penting yang didirikan Polri, yakni Pospam Terpadu Penyekatan Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi. Pos penyekatan ini penting karena berbatasan langsung dengan Kabupaten Karawang.

Di titik penyekatan ini, operasi gabungan disebut sudah dilakukan sejak hari Kamis pukul 00.00 WIB. Aktivitas penyekatan pun terus dilakukan untuk mencegah pemudik lolos. Razia dilakukan kepada mobil pribadi berpelat B, bus-bus AKAP, termasuk pengendara sepeda motor.

Bus AKAP Diam-diam Bawa Penumpang di tengah larangan mudikBus AKAP Diam-diam Bawa Penumpang di tengah larangan mudik Foto: Luthfi Anshori/detikcom

Sekitar pukul 10.19 WIB, petugas telah memberhentikan sebuah bus AKAP bernama Bhinneka. Jika dilihat sepintas dari luar, bus ini terlihat tidak membawa penumpang sama sekali. Selain itu, di bagian kaca depan bus itu juga terdapat stiker khusus yang tandanya ialah, boleh mengangkut penumpang selama larangan mudik. Artinya bus ini kemungkinan bisa lolos dari penyekatan oleh petugas.

Kepada petugas, kernet bus AKAP itu mengatakan bahwa bus tak membawa penumpang dan hanya membawa dua orang, yakni dirinya dan sang driver. Mereka berdua hendak ke Cirebon.

Namun petugas Polisi tidak percaya begitu saja. Mereka pun langsung masuk ke dalam kabin untuk melakukan pemeriksaan lebih detail. Dan setelah diperiksa, ternyata ditemui cukup banyak penumpang yang ingin mudik, yakni sekitar 8 orang.

Nah, permasalahannya, banyak di antara mereka yang tidak dilengkapi dengan Surat Izin Keluar Masuk, yang meliputi surat keterangan negatif COVID-19, maupun surat izin tertulis melakukan perjalanan dari perusahaan maupun Kepala Desa/Lurah.

Bus AKAP Diam-diam Bawa Penumpang di tengah larangan mudikBus AKAP Diam-diam Bawa Penumpang di tengah larangan mudik Foto: Luthfi Anshori/detikcom

Ditambah lagi, kernet bus sudah berbohong kepada petugas, dengan mengatakan hanya membawa dua orang. Padahal kenyataannya ia juga membawa sekitar 8 penumpang.

Akibatnya, bus tujuan Cirebon itu pun diperintahkan untuk putar balik.



Simak Video "Penyekatan Kedungwaringin, Kendaraan Berpelat T Dibolehkan Lewat "
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)