Ada 31 Titik Penyekatan Mudik, Keluar Masuk Jakarta Siapkan Dokumen Ini

team DetikOto - detikOto
Sabtu, 01 Mei 2021 09:38 WIB
Mudik Dilarang, Begini Sosialisasi Penyekatan di Berbagai Daerah
Titik check point penyekatan mudik Foto: ANTARA FOTO
Jakarta -

Polda Metro Jaya pastikan hanya akan ada ada 31 titik lokasi pemeriksaan atau penyekatan mudik 2021 untuk wilayah DKI Jakarta, pada periode larangan mudik 6-17 Mei 2021. Dikatakan, dari 31 titik penyekatan tersebut akan terdiri dari 17 titik check point dan 14 titik penyekatan.

"Ada 31 titik penyekatan terdiri 17 titik check point dan 14 titik penyekatan 17 titik check point itu berada di area aglomerasi Jabodetabek dan yang 14 titik pintu-pintu keluar dari Jabodetabek," seperti yang disampaikan Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada detikOto.

"Jadi semuanya ada 31 titik penyekatan mudik (tidak penambahan titik penyekatan lagi) itu sudah final, karena berada di titik Jalan Tol Arteri maupun jalur-jalur tikus," Sambodo menambahkan.

Dalam pemberitaan detikOto sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan pihaknya menyiapkan 31 titik lokasi pemeriksaan dokumen buat warga yang akan melakukan mudik atau perjalanan antar daerah. Lokasinya tersebar di berbagai titik keluar-masuk wilayah Jakarta, mulai dari jalan utama, jalan arteri, tol, hingga jalur tikus.

Penyekatan Kendaraan Pemudik di Kota BanjarPenyekatan Kendaraan Pemudik Foto: Faizal Amiruddin

Pemeriksaan kelengkapan dokumen tersebut akan dilakukan saat larangan mudik mulai diberlakukan, yakni dari 6-17 Mei 2021. Semua moda transportasi tak akan luput dari pemeriksaan ini, baik pesawat terbang, kapal laut, kereta api, bus, hingga mobil pribadi.

Selain melakukan pemeriksaan dokumen, Dishub Jakarta juga berencana menggelar tes acak buat penumpang kendaraan yang akan ke luar Jakarta.

"Jadi otomatis kendaraan yang keluar akan dilakukan pemeriksaan terhadap hal itu, kami mengimbau setiap yang melakukan perjalanan dibekali hasil 'rapid test' antigen atau swab PCR negatif. Karena rekan-rekan kepolisan akan menyatakan 'clear and clean' dalam melakukan perjalanan," kata Syafrin dalam pemberitaan detikOto sebelumnya



Simak Video "Penyekatan Kedungwaringin, Kendaraan Berpelat T Dibolehkan Lewat "
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)