Bocah 12 Tahun Sudah Nyetir Truk Kontainer, Ini Bahayanya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 27 Apr 2021 16:00 WIB
Viral Bocah 12 Tahun Nyetir Truk Kontainer
Viral Bocah 12 Tahun Nyetir Truk Kontainer. Foto: Screenshot Video Viral.
Jakarta -

Video seorang bocah di bawah umur mengendarai truk kontainer viral di media sosial. Dalam video itu bocah tersebut dengan santai menyetir truk kontainer sambil merokok. Bocah itu mengaku berusia 12 tahun. Hal ini cukup berbahaya mengingat bocah di bawah umur belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

Menurut praktisi keselamatan berkendara yang juga Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, bocah yang menyetir truk kontainer itu tidak memiliki SIM. Dipastikan juga bocah tersebut tidak memenuhi syarat kompetensi.

"Hard skill-nya terbatas karena belum tentu memiliki jam terbang yang mumpuni. Apabila harus melakukan antisipasi sering tidak maksimal," kata Sony kepada detikcom, Selasa (27/4/2021).

Menurut Sony, mengendarai truk atau kendaraan besar tak mudah dan dibutuhkan tanggung jawab besar. Apalagi kalau terjadi kecelakaan biasanya berujung fatal.

"Itu kenapa harus di-handle oleh orang yang matang secara mental dan skill supaya tidak membahayakan. Anak kecil belum bisa berpikir seperti itu," ucap Sony.

"Dari sisi hard skill, operasionalnya berat, menguras pikiran dan tenaga serta dengan kewaspadaan tinggi," sambungnya.

Ditambah bahaya dari sisi soft skill yang belum dimiliki anak di bawah umur yang nekat mengemudi. Kata Sony, secara mental anak tersebut belum stabil.

"Emosinya up and down sehingga tidak dapat mengambil keputusan yang benar di kondisi darurat atau emergency," sebutnya.

Untuk mengendarai truk kontainer sendiri pengendara harus mengantongi SIM B II. Berdasarkan Peraturan Kapolri No. 9 Tahun 2012, untuk mendapatkan SIM B II pemohon harus memenuhi syarat usia minimal 21 tahun. Artinya bocah tersebut tidak memiliki SIM mengingat usianya masih 12 tahun.



Simak Video "Sopir Truk Dikeroyok Rombongan Pengiring Jenazah di Jakut "
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)