Sandiaga Uno Pastikan Indonesia Gelar Superbike dan MotoGP

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 19 Apr 2021 07:22 WIB
Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat akhirnya resmi dibuka sejak Kamis (18/4/2021) hingga Minggu (25/4/2021).
Sandiaga Uno. Foto: (Kemenparekraf)
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno hadir dalam gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021, Minggu (18/4/2021). Sandiaga Uno memastikan dalam waktu dekat Indonesia siap menggelar tiga event otomotif berskala internasional.

Tentunya ajang ini bisa jadi media yang sangat ampuh untuk berpromosi, terutama untuk pariwisata Indonesia. Melalui Wonderful Ride Indonesia, terdapat korelasi yang kuat antara dunia otomotif dengan pariwisata Indonesia.

Hal yang paling disorot ialah Sirkuit Mandalika batal menggelar seri balap MotoGP tahun 2021 ini. Rencananya, Mandalika bakal jadi tuan rumah ajang balap MotoGP di tahun berikutnya, tepatnya pada bulan Maret 2022.

"Kita ingin perluas bahwa minat khusus sekarang tumbuh misalnya di Purworejo akan ada MX GP, ini tingkat dunia akan ada di Borobudur, terus di Mandalika akan ada MotoGP mestinya Oktober tapi diundur Maret tahun depan, tapi akan ada Superbike. Superbike ini akan dilaksanakan pada November," ungkap Sandiaga dalam Talkshow Indonesia International Motor Show 2021 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Minggu (18/4/2021).

Pembangunan lintasan sirkuit MotoGP Mandalika terus dikebut di masa pandemi COVID-19. Pembangunan sirkuit MotoGP itu ditargetkan rampung pertengahan tahun 2021.Pembangunan lintasan sirkuit MotoGP Mandalika terus dikebut di masa pandemi COVID-19. Pembangunan sirkuit MotoGP itu ditargetkan rampung pertengahan tahun 2021. Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Sandiaga Uno mengatakan salah satu program yang digagas adalah Wonderful Ride Indonesia, sebuah gerakan untuk mendorong wisata berbasis otomotif di Indonesia.

Kemenpar bersama Perkumpulan Wisata Otomotif Indonesia (PWOI) mengampanyekan penggunaan kendaraan listrik di berbagai di destinasi, sehingga dapat berwisata dengan berkendara secara aman, tertib, sehat, dan menyenangkan.

"Borobudur kemarin kita sudah sama PWOI, jadi kita bikin wonderful ride Indonesia. Karena memang eksostisme dari destinasi-destinasi yang sangat unik itu hanya bisa dijangkau dengan otomotif, dan mobil listrik, mobil off road yang unik ini sangat diminati para anggota pelaku pariwisata dan anggota komunitas otomotif," ujar Sandiaga.



Simak Video "Siap Gelar World Superbike, Pemerintah: Semua Atlet Harus Sudah Divaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)