Skema Lalulintas Perayaan Paskah di Gereja Katedral: Masjid Istiqlal Sediakan Area Parkir

Tim Detikcom - detikOto
Kamis, 01 Apr 2021 20:58 WIB
Proyek pembangunan terowongan silaturahmi telah dimulai pada 20 Januari lalu. Arus lalu lintas di kawasan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral pun dialihkan.
Pengaturan lalulintas untuk jemaah Gereja Katedral yang merayakah Paskah, parkir mobil bisa di Masjid Istiqlal. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Terkait perayaan hari Paskah, kepolisian melakukan pengaturan lalulintas di sekitar Gereja Katedral, Jakarta. Pengelola Masjid Istiqlal juga menyediakan area parkir untuk jemaah gereja.

Demikian diungkapkan Kapolsek Sawah Besar AKP Maulana Mukarom di Jakarta, Kamis (1/4). Dia mengimbau umat yang membawa kendaraan pribadi bisa memarkir mobilnya di area parkir Masjid Istiqlal.

Pintu masuk ke area parkir Masjid Istiqlal adalah melalui depan SMPN 4 Jakarta, tepatnya di Jalan Perwira, Jakarta Pusat. Kendaraan bisa parkir di lantai dasar (basement) Masjid Istiqlal.

Sementara pintu keluar melalui pintu Al Fattah, yang letaknya berseberangan dengan pintu masuk Gereja Katedral.

"Masuk Istiqlal dulu di depan pintu SMP 4, kemudian parkir di basement Istiqlal baru keluar dari Pintu Al Fattah, kemudian masuk ke Pintu IV Katedral," kata Maulana dikutip dari Antara.

Pengaturan lalu lintas dengan skenario tersebut dilakukan lantaran jalan utama menuju Katedral dari arah Gambir dan arah Lapangan Banteng ditutup karena adanya pembangunan Terowongan Silaturahmi Istiqlal-Katedral.

Dengan skenario-skenario tersebut AKP Maulana Mukarom mengimbau umat yang melakukan ibadah baik Kamis Putih, Jumat Agung, hingga Paskah, dapat memperhatikan lalu lintas menuju Katedral.

Dua tempat ibadah besar yang lokasinya bersebelahan tersebut sudah berulang kali bergantian berbagi lokasi parkir. Pada hari raya umat muslim, gantian Gereja Katedral menyediakan area parkir untuk jemaah Masjid Istiqlal.



Simak Video "Masjid Istiqlal Sediakan Parkir Bagi Jemaat Misa Jumat Agung"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)