Disita Negara, Nissan GT-R Ini 'Alih Profesi' Jadi Mobil Pengantar Organ Tubuh

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 22 Mar 2021 13:36 WIB
Nissan GT-R jadi mobil pengantar organ tubuh
Foto: Guarda Nacional Republicana. Nissan GT-R jadi mobil pengantar organ tubuh.
Jakarta -

Nissan GT-R dikenal sebagai mobil sport yang sering memenangi kejuaraan balap mobil touring. Tapi yang terjadi di Portugal ini cukup unik, di mana Nissan GT-R dijadikan sebagai mobil pengantar organ tubuh manusia. Kok bisa?

Di beberapa negara, mobil pribadi bisa disita karena banyak hal. Mulai tidak memiliki asuransi, melakukan modifikasi secara ilegal, atau berkaitan dengan kasus kriminal maupun korupsi. Mobil sitaan biasanya akan dibiarkan begitu saja, namun di Portugal sebuah sportscar dijadikan sebagai mobil pelayan masyarakat.

Nissan GT-R jadi mobil pengantar organ tubuhNissan GT-R jadi mobil pengantar organ tubuh Foto: Guarda Nacional Republicana

Dikutip dari Carbuzz, Nissan GT-R tersebut merupakan unit sitaan negara. Alih-alih dibiarkan, Nissan GT-R tersebut dialihkan sebagai mobil pelayanan demi memberi manfaat banyak kepada masyarakat luas.

Oleh karena itu, Guarda Nacional Republicana mengubah fungsi Nissan GT-R menjadi mobil pengantar organ tubuh manusia, dengan tambahan komponen aksesori lampu strobo dan stiker darurat berwarna kuning hijau.

Nissan GT-R jadi mobil pengantar organ tubuhNissan GT-R jadi mobil pengantar organ tubuh Foto: Guarda Nacional Republicana

"Kualitas dan keamanan transplantasi organ bergantung pada waktu yang dibutuhkan untuk transportasi. Mencapai tujuan secepat mungkin, akan sangat membantu pada penyelamatan kehidupan orang lain," tulis pernyataan Guarda Nacional Republicana.

Nissan GT-R yang dijadikan mobil kemanusiaan ini memiliki kapasitas mesin 3,8 liter V6 turbo yang bisa menghasilkan tenaga maksimal 565 dk dengan torsi puncak 467 lb-ft (588 Nm). Mobil ini memiliki sistem penggerak all-wheel drive atau penggerak semua roda.

Guarda Nacional Republicana sendiri telah mengantarkan kurang lebih 3.000 organ dalam 10 tahun terakhir, dan menempuh jarak lebih dari 300.000 mil atau sekitar 482.000 km.

"Kendaraan berkapasitas tinggi ini akan secara eksklusif digunakan untuk kebutuhan pengangkutan organ di Lisbon dan Porto," tutup pernyataan Guarda Nacional Republicana.

Nissan GT-R jadi mobil pengantar organ tubuhNissan GT-R jadi mobil pengantar organ tubuh Foto: Guarda Nacional Republicana


Simak Video "Tes Lengkap Nissan Leaf, Mobil Listrik Termurah di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)