Cegah Kecelakaan, Sopir Bus Yang Tak Hapal Jalan Sebaiknya Bertanya

Angling Adhitya Purbaya - detikOto
Jumat, 19 Mar 2021 13:23 WIB
Petugas mengevakuasi korban kecelakaan bus PO Sri Padma Kencana di Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu (10/3/2021). Hingga Rabu (10/3) malam, petugas kepolisian mencatat sebanyak 22 orang meninggal dunia dalam kecelakaan tersebut dan 28 korban selamat dilarikan ke RSUD Kabupaten Sumedang. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.
Untuk menghindari kecelakaan, sopir bus yang tak tahu jalan dan lokasi sebaiknya bertanya dan tak hanya mengandalkan aplikasi peta digital (ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)
Jakarta -

Direktorat Lalu lintas Polda Jawa Tengah mengimbau sopir angkutan umum atau yang lainnya agar berhati-hati jika tidak hafal jalan. Hal itu karena Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono menyebut ada kecelakaan yang disebabkan oleh aplikasi google maps.

Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah Kombes Rudy Syafirudin mengatakan memang saat ini belum ada data di Jawa Tengah yang menyebut kecelakaan disebabkan oleh aplikasi google maps dan sejenisnya. Namun ia mengimbau jika tidak tahu jalan maka lebih baik sopir bertanya.

"Di sini (Jateng) tidak ada kecelakaan karena google maps. Jadi kalau tidak tahu jalan lebih baik bertanya saja, daripada tersesat di jalan, daripada kecelakaan. Faktor kecelakaan memang tidak ada google maps, tapi faktor alam, jalan, lingkungan, dan keadaan manusianya," kata Rudy di Lanumad Ahmad Yani Semarang, Kamis (18/3/2021).

Namun Rudy yakin untuk yang berprofesi sopir seharusnya sudah hafal dengan jalan bahkan rute-rute jalan tikusnya.

"Saya kira supir-supir di Indonesia saya kira hafal jalan, jalan tikus pun tahu," tandasnya.

Untuk diketahui Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono pada diskusi virtual hari Rabu (17/3) kemarin mengatakan google maps juga bisa menyebabkan kecelakaan. Salah satunya bus Sri Padma Kencana yang jatuh di Sumedang pada Rabu 10 Maret 2021 lalu.



Simak Video "Viral Oknum Polisi Siram Sopir Bus Dengan Miras di Ambon"
[Gambas:Video 20detik]
(alg/din)