Truk Listrik Tesla Dites Jalan, Seperti Ini Suaranya

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 17 Mar 2021 19:46 WIB
Truk listrik Tesla dites jalan
Truk listrik Tesla dites jalan. Foto: Screenshot Twitter Tesla
Jakarta -

Truk listrik Tesla tampaknya semakin dekat untuk masuk jalur produksi. Buktinya, baru-baru ini akun Twitter resmi Tesla mengunggah video singkat yang menampilkan truk listrik Tesla saat sedang diuji coba di jalanan tertutup. Seperti apa ya suaranya?

Tesla sudah memiliki rencana membangun truk bertenaga listrik full baterai sejak 2017. Namun baru sekarang ini proyek tersebut bakal diwujudkan. Uji coba pun terus dilakukan oleh perusahaan yang didirikan Elon Musk itu.


Dalam video berdurasi 17 detik yang diunggah akun Twitter Tesla, truk listrik itu tampak sedang diuji coba di sirkuit tertutup. Secara tampilan fisik, truk Tesla ini mirip seperti truk trailer pada umumnya yang memiliki desain kepala besar dan melancip di bagian atasnya.

Yang membedakan dengan truk konvensional, truk Tesla ini tampil lebih bersih tanpa grille di depan. Hanya ada dua lampu utama dan kaca spion super lebar. Truk listrik yang sedang diuji coba ini dibalut warna putih polos.

Dikutip dari Response, truk listrik Tesla ini akan dinamakan Semi. Truk ini ditenagai 4 motor listrik yang berbasis dari Tesla Model 3. Ketika truk listrik ini digeber, suaranya sangat senyap, mirip seperti mobil listrik pada umumnya.

Soal perfroma, truk listrik Tesla ini diklaim bisa berakselerasi dari 0 hingga 96 km/jam hanya dalam 5 detik. Sebagai perbandingan, untuk menempuh akselerasi yang sama, truk diesel di kelas yang sama butuh waktu sekitar 15 detik.

Untuk daya jelajah, dalam sekali pengisian daya, truk listrik ini kira-kira sanggup menempuh 483-805 km. Dengan sistem pengisian fast charging yang baru dikembangkan, kapasitas baterai untuk menempuh sekitar 640 km dapat diisi dalam 30 menit.



Simak Video "Elon Musk Umumkan Peluncuran Tesla Bot Tahun Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)